Bagaimana Membuat Rambut Bayi Menjadi Sehat dan Lebat?

DokterSehat.Com – Bayi yang baru lahir biasanya memiliki rambut yang cenderung jarang-jarang dan sangat tipis. Dengan rambut yang jarang-jarang dan tipis tersebut, ibu hamil tentu akan bertanya-tanya bagaimana nantinya setelah besar apakah rambut tersebut bisa lebat dan sehat? Tak perlu khawatir. Bidan atau keluarga yang sudah berpengalaman biasanya akan sesegera mungkin menggunduli kepala bayi yang baru lahir. Mengapa harus menggunduli rambut yang sudah tipis? Dengan menggunduli kepala bayi yang baru lahir, ternyata bisa memicu pertumbuhan rambut yang lebat dan sehat layaknya anak-anak normal nantinya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-bayi-mandi

Rambut bayi yang baru lahir disebut sebagai rambut velus. Rambut yang jarang-jarang dan tipis ini ternyata bukan rambut yang nantinya tumbuh di kepala sang bayi. Ini hanyalah rambut sementara yang akan rontok dengan sendirinya jika tidak digunduli. Artinya, jika kita menggunduli rambut velus tersebut, bayi akan menumbuhkan kembali rambut yang lebih tebal. Meskipun bisa mendapatkan ketebalan rambut, rambut bayi yang sudah menebal pun harus dirawat dengan baik agar bisa menjadi lebih sehat dengan berbagai trik berikut.

Rambut bayi dapat menjadi sehat dan tebal karena beberapa faktor. Disamping faktor keturunan yang bisa mempengaruhi ketebalan rambut, anda bisa memberikan asupan dan nutrisi yang cukup untuk bayi agar rambut bisa tumbuh dengan baik. Sebagai ibu, ada baiknya anda memakan makanan layaknya ikan-ikanan dan kacang-kacangan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3. Disamping itu, vitamin atau zat besi yang banyak ditemui pada buah-buahan dan sayuran juga bisa dikonsumsi agar sang bayi bisa meminum ASI yang kaya nutrisi untuk perkembangan tubuh dan juga rambut. Setelah enam bulan pertama dimana makanan bayi hanyalah ASI, anda juga bisa menambahkan makanan pendamping ASI yang kaya akan nutrisi yang baik pada rambut.

Baca Juga:  Blighted Ovum pada Wanita Hamil

Untuk membuat rambut bayi semakin sehat, ibu tentu harus menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut sang bayi. Shampoo khusus bayi yang biasanya telah mengandung bahan yang aman bagi kulit kepala dan tidak membuat mata bayi yang pedih bisa dipakai untuk menjaga kebersihan rambut. Disamping itu, ibu juga harus berhati-hati saat mengeringkan rambut sang bayi. Handuki kepala bayi dengan lembut dan jangan langsung menggosoknya. Disamping itu, berhati-hatilah dalam menyisir atau menyikat rambut sang bayi agar rambut tetap dalam kondisi yang sehat dan tebal.