Bagaimana Ketombe Bisa Muncul di Kulit Kepala?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah rambut dan kulit kepala yang sangat mengganggu adalah masalah ketombe. Jika kita terkena masalah ketombe, kita pun akan mengalami penurunan kepercayaan diri, apalagi jika kita memakai baju berwarna gelap karena jika ketombe jatuh di pundak, maka banyak serbuk-serbuk putih akan ditemukan di bahu yang bisa memberikan kesan jorok pada kita. Selain itu, ketombe juga biasanya diiringi dengan rasa gatal di kepala yang tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman, khususnya saat kita memakan makanan pedas atau panas.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Ketombe sendiri adalah kulit mati yang berbentuk serpihan-serpihan yang akan muncul layaknya debu di kulit kepala. Ketombe bisa membuat kulit kepala bagian atas mengalami peradangan yang disebut sebagai “dermatitis seboroik”. Sel-sel yang ada pada lapisan luar pada kulit kepala mati dengan lebih cepat daripada keadaan normal sehingga membuat munculnya serpihan kulit mati. Ketombe sendiri bisa muncul di saat manusia beranjak dewasa dan bahkan jika tidak dirawat dengan benar, maka ketombe bisa muncul terus menerus.

Ketombe sendiri bisa dibagi menjadi ketombe yang disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang cenderung lebih kering dan kurang lembab dan ketombe yang terjadi karena kulit kepala memiliki kandungan minyak berlebihan. Selain itu, ada pula ketombe yang disebabkan karena produksi kelenjar sebasea yang sangat berlebihan sehingga kulit rambut pun akan cenderung menjadi rapuh dan lebih bersisik sehingga memunculkan ketombe dengan mudah.

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan munculnya ketombe. Yang paling umum tentu saja adalah pembersihan rambut dan kulit kepala yang kurang maksimal. Selain itu, jika kita sering menggunakan gel rambut atau hair spray yang sangat berlebihan juga bisa menyebabkan munculnya ketombe. Selain itu, masalah stress, masalah pada proses pencernaan, hingga kondisi hormon yang tidak seimbang yang disertai dengan kondisi gula atau lemak dalam tubuh yang sangat berlebihan juga bisa memicu ketombe.

Baca Juga:  Bahaya Rokok Dan Alkohol Sebabkan Menopause Dini Bagi Kaum Wanita

Untuk mengatasi ketombe, kita bisa memakai shampoo khusus yang diperuntukkan untuk menangani ketombe. Andaipun ketombe sudah sangat gatal, ada baiknya kita tidak menggaruk kulit kepala karena bisa membuat alergi pada kulit, infeksi, hingga eksim. Agar ketombe tisak semakin parah, jangan gunakan pewarna rambut atau mengkonsumsi alkohol secara berlebihan mengingat kita bisa menimbulkan masalah kulit kepala yang lebih buruk layaknya psoriasis.