Bagaimana Kantung Mata Bisa Muncul?

DokterSehat.Com – Bagi kaum hawa, kantung mata adalah salah satu hal yang sangat tidak diinginkan sama sekali jika mereka bangun tidur. Bagaimana tidak, kantung mata bisa merusak penampilan wajah dengan signifikan mengingat wajah pun cenderung akan terlihat sangat lesu dan lelah. Selain itu, kantung mata pun membuat wajah menjadi terlihat lebih mengantuk dan tidak fit. Kita tentu tidak ingin hal ini terjadi pada kita kan? Berikut adalah beberapa penyebab kantung mata yang bisa kita ketahui.

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

Kantung mata tentu akan dikaitkan dengan kurangnya waktu tidur yang cukup. Selain itu, tidur yang gelisah dan kurang berkualitas tentu akan membuat tubuh kita tidak fit di pagi hari dan kantung mata pun muncul. Rasa lelah yang berlebihan karena kurangnya kualitas istirahat inilah pemicu tekanan pada mata yang membuat pembengkakan atau kantung mata di mata bagian bawah. Selain kurangnya kualitas istirahat, kantung mata juga kerap ditemui mereka yang sedang mengidap penyakit pilek atau flu. Pilek atau flu bisa menyebabkan cairan di bagian bawah mata menjadi bertumpuk dan menimbulkan kantung mata yang sangat mengganggu penampilan. Selain itu, jika anda menangis, cairan pun akan cenderung menumpuk pada kelenjar kecil pada sekitar kelopak mata sehingga kantung mata juga akan mudah muncul.

Kantung mata lebih sering terjadi pada orang tua mengingat elastisitas dari kulit kelopak mata yang semakin tipis dan menurun. Kulit yang kehilangan elestisitas inilah yang menumpuk dan menciptakan kantung mata. Selain itu, kantung mata juga bisa disebabkan karena keturunan, apalagi jika kita menerapkan pola makan yang buruk dengan mengkonsumsi banyak garam beryodium yang bisa memicu pembengkakan kelopak mata.

Baca Juga:  ASI Ekslusif Lini Pertama Pencegahan Kanker Darah pada Anak

Jika saat bangun tidur kita sudah mendapati kantung mata, kita bisa membuatnya menjadi lebih kempis dengan cara membasuh muka dengan air dingin untuk merasakan kesegaran. Selain itu, kita bisa mengompres kelopak mata dengan es yang dibungkus kain. Es tersebut kemudian ditekan dan diusap dengan lembut ke bagian kantung mata. Selain itu, usahakan untuk terus mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas agar tidak ada lagi yang mengalami masalah kantung mata.