Bagaimana Jika Ibu Hamil Mengidam Makanan Mentah?

DokterSehat.Com – Ngidam adalah sebuah fase yang cukup unik dan menarik bagi pasangan yang sedang mengalami kehamilan. Ngidam sendiri adalah sebuah kondisi dimana ibu hamil memiliki keinginan yang sangat kuat untuk mengkonsumsi makanan tertentu atau melakukan sesuatu hal yang biasanya akan cenderung unik dan tidak biasa. Yang menjadi masalah adalah, ada beberapa ibu hamil yang memiliki keinginan kuat untuk mengkonsumsi makanan mentah dan akan sangat penasaran jika hal ini tidak dikabulkan. Apakah hal ini akan cukup aman bagi kesehatan ibu dan juga janinnya?

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Makanan yang mentah bisa berarti sayur-sayuran yang mentah layaknya lalapan atau bahkan makanan hewani yang mentah seperti sushi. Pakar kesehatan dan kehamilan menyebutkan jika ibu hamil ngidam mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan yang mentah, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Banyak sayuran dan buah-buahan mentah yang dikonsumsi secara langsung oleh banyak orang layaknya salad yang justru dianggap sebagai salah satu makanan yang sangat sehat. Selain itu, sayur-sayuran layaknya wortel yang kaya akan vitamin A dan juga sayuran berdaun hijau layaknya bayam yang kaya akan asam folat juga diyakini akan sangat baik bagi perkembangan otak bayi yang ada di dalam kandungan. Sayuran mentah juga diyakini akan sangat baik bagi proses pencernaan ibu hamil sehingga ibu hamil pun akan cenderung lebih mudah merasa kenyang dan tidak akan mengambil terlalu banyak camilan yang tidak sehat.

Sayangnya, pakar kesehatan ternyata tidak menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang berupa daging mentah ataupun telur mentah karena ditakutkan bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan sang ibu hamil sekaligus janin yang ada di dalam kandungannya. Meskipun begitu, bukan berarti konsumsi sayuran dan buah-buahan mentah akan selalu baik bagi ibu hamil mengingat banyak sekali sayuran dan buah-buahan yang tidak benar-benar dibersihkan dan masih memiliki banyak bahan kimia yang tentu akan sangat berbahaya untuk kita konsumsi. Kita pun harus selektif dalam memilih sayuran atau buah-buahan mentah dan sebisa mungkin membersihkannya dengan baik sehingga semua makanan tersebut bisa aman untuk dikonsumsi.