Bagaimana Caranya Menghilangkan Bau Badan Secara Alami ?

DokterSehat.Com – Bau badan akan sangat mengganggu rasa percaya diri seseorang dan bahkan membuat kita menjadi malu karena menjadi bahan sindiran orang-orang. Bau badan sendiri atau bahasa medisnya bromhidrosis sebenarnya adalah bau bakteri pada tubuh. Bakteri tersebut bertambah jumlahnya dengan cepat karena munculnya keringat, dan menempel pada bagian yang berkeringat tersebut, tetapi keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Bau badan biasanya berhubungan dengan anggota tubuh lainnya seperti rambut, kaki, anus, kulit, ketiak, alat kelamin dan mulut.
Penyebab Bau Badan

doktersehat-bau-badan-keringat-ketiak

Penyebab timbulnya bau badan ada banyak, mulai dari dalam badan sendiri ataupun dari luar. Untuk faktor dalam biasanya di pengaruhi oleh hormon ataupun asam propionat yang diproduksi secara alami oleh tubuh, asam isovalerik yang diproduksi oleh bakteri atau kuman yang dapat berkembang biak secara baik di daerah kulit yang lembab, terlalu stres yang menyebabkan hormon tubuh memproduksi keringat beberapa kali lipat dari biasanya, dan terjadinya perubahan hormon contohnya dari masa kanak-kanak menginjak usia remaja.

Cara Menghilangkan Bau Badan

1.Mandi lebih sering

Dengan mandi lebih sering akan membantu menghilangkan bakteri yang menempel pada tubuh anda. Secara tidak langsung, juga dapat menghilangkan penyebab akan bau badan anda sendiri. Cara menghilangkan bau badan yang ini terbukti memang ampuh, anda cukup mandi dan tambahkan sabun anti bakteri, tubuh anda akan wangi dan segar tanpa ada bau badan lagi.

2.Gunakan Deodorant setelah mandi

Deodorant biasanya digunakan pada bagian ketiak agar tidak berkeringat. Karena jika keringat berlebihan pada bagian ketiak, akan memancing timbulnya bau badan pada tubuh anda. Cara menghilangkan bau badan yang satu ini juga terbukti ampuh. Dan hampir semua orang melakukan cara ini. Dipasar juga banyak menyediakan berbagai macam deodorant, tinggal anda pilih mana yang cocok dengan kulit anda.

Baca Juga:  Mengapa Kita Selalu Merasa Lelah?

3.Mengganti pakaian secara rutin

Dengan rutin mengganti pakaian, maka bakteri tidak akan menumpuk di pakaian anda. Biar anda biarkan pakaian selama beberapa apalagi dicampur dengan keringat bisa dipastikan pasti pakaian tersebut akan menimbulkan bau yang tidak. Itulah penyebab kenapa bau badan timbul dari pakaian kotor. Cara menghilangkan bau badan ini sebenarnya sangat gampang dilakukan, hanya kebanyak dari mereka kadang malas untuk mengganti pakaian, karena alasan malas mencuci dan lain sebagainya.

4.Biasakan pola hidup sehat

Pola hidup sehat tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan anda. Dan tentu saja juga akan berdampak pada aroma tubuh anda. Dimana anda mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang tidak pasti anda akan terhindar dari bau badan. (sebagai catatan tidak mengkomsusi buah dan sayur yang berbau tajam atau menyengat).

5.Hindari makanan penyebab bau badan

Hindarilah makanan-makanan yang menyebabkan bau badan seperti daging-dagingan, rempah, alkohol, kafein, jengkol, petai, bawang putih, bawang merah, dan tembakau. Perbanyaklah asupan sayur dan buah yang kaya akan serat. Makanan yang mengandung serat bermanfaat untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh.

Keep healthy! Semoga bermanfaat..