Bagaimana Caranya Agar Bisa Memasak Tanpa Garam?

DokterSehat.Com – Kini, semakin banyak orang yang menyadari betapa berbahayanya asupan garam yang berlebihan bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bisa memicu peningkatan tekanan darah, asupan tinggi garam setiap hari bisa membuat tubuh meningkatkan retensi pada air. Banyak kasus yang menyebutkan bahwa mereka yang suka mengkonsumsi makanan yang kaya garam layaknya keripik akan lebih beresiko untuk terkena masalah kesehatan yang serius layaknya penyakit jantung atau stroke. Karena alasan inilah ada baiknya kita mengatur kembali pola makan agar lebih sehat, khususnya dengan cara menurunkan penggunaan garam. Lantas, apa yang bisa kita lakukan saat memasak agar makanan bisa tetap enak meskipun tidak lagi menggunakan garam?

doktersehat-masak

Menambahkan rempah-rempah
Banyak orang yang merasa makanan menjadi terasa hambar karena tidak diberi garam saat dimasak. Sebenarnya, kita bisa membuat makanan tetap terasa nikmat dengan cara menambahkan rempah-rempah pada makanan tersebut. Lada hitam atau lada merah, oregano, dan berbagai rempah lainnya bisa membuat makanan memiliki cita rasa yang sangat kaya. Tak hanya berpengaruh positif pada rasa makanan, rempah-rempah cenderung rendah atau bahkan bebas kalori sehingga kita pun tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

Menambahkan rumput laut
Tak hanya rempah-rempah, kita bisa menambahkan rumput laut pada makanan untuk memberikan cita rasa yang nikmat dan membuatnya menjadi lebih gurih. Rumput laut sendiri bisa ditambahkan pada semua jenis makanan yang kita masak.

Menambahkan asam
Beberapa jenis makanan ternyata bisa menjadi lebih lezat andai ditambahkan asam layaknya dari cuka anggur balsamic, anggur merah, dan ekstrak jeruk lemon atau jeruk nipis.

Mengubah cara memasak
Rasa makanan ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh bumbu, namun juga dari cara memasak makanan. Sebagai contoh, jika sebelumnya kita mengolah sayuran dengan cara menumisnya sehingga tentu akan membutuhkan tambahan garam, maka kita bisa mulai mengubah cara mengolah sayuran tersebut dengan cara memanggangnya. Selain itu, kita juga bisa memasaknya dengan api yang kecil untuk membuat rasa masakan tersebut tetap nikmat.