Bagaimana Cara Merawat Gigi Sensitif?

DokterSehat.Com – Apakah anda memiliki gigi yang sensitif? Gigi yang sensitif bisa dikenali dengan rasa yang ngilu pada gigi anda saat anda mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau minuman dingin layaknya es. Rasa ngilu ini bisa sangat tajam dan membuat anda meringis meskipun terkadang bisa dengan cepat mereda. Kesensitifan gigi ini biasanya disebabkan karena enamel gigi yang semakin terkikis atau bahkan garis gusi yang mengalami resesi. Yang menjadi masalah adalah, kita tentu akan mengalami masalah berupa rasa nyeri hampir setiap kali saat kita mengkonsumsi makanan atau minuman.

doktersehat-sakit-gigi-sensitif

Untuk merawat gigi sensitif, kita tentu tidak bisa melakukan perawatan yang sama saja dengan kondisi gigi yang normal. Pasta gigi yang kita pakai tentu sebaiknya kita ubah menjadi pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi sensitif. Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif biasanya memiliki kandungan kalium nitrat yang bisa membuat rasa nyeri pada gigi sensitif menjadi jauh lebih berkurang. Selain digunakan untuk menyikat gigi, ada pakar kesehatan yang menyarankan kita untuk mengoleskan pasta gigi ini pada gigi menjelang kita tidur untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi. Selain pasta gigi, kita juga harus mengganti sikat gigi kita dengan sikat gigi yang memiliki bulu jauh lebih lembut. Pasta gigi dengan bulu yang keras bisa membuat email pada gigi semakin terkikis sehingga rasa ngilu pun akan semakin hebat. Sebelum menyikat gigi, kita juga bisa merendam bulu sikat gigi ke dalam air panas agar menjadi lebih lembut dan bebas dari beberapa kotoran.

Kita juga bisa merawat gigi dengan memakai obat kumur khusus untuk gigi yang sensitif. Obat kumur ini akan mengusir kuman dan bakteri yang bisa merusak gigi dan menyebabkan kesensitifan pada gigi. Selain itu, rajin-rajinlah melakukan flossing pada gigi setelah makan sehingga tidak ada lagi sisa makanan yang tertinggal pada gigi yang bisa membuat masalah plak gigi.

Baca Juga:  Organ Vital Wanita Berkeringat, Apakah Hal ini Normal Adanya?

Gigi sensitif juga harus diperhatikan penggunaannya. Karena kesensitifan gigi biasanya disebabkan oleh makanan panas atau makanan dingin, ada baiknya kita menghindari memakan makanan panas dan dingin dalam waktu yang sama. Kita tentu sering memesan makanan panas layaknya bakso atau mi ayam namun juga memesan es teh yang dingin. Perbedaan suhu yang ekstrim ini ternyata bisa membuat gigi mudah terasa ngilu. Andai anda memakan makanan yang panas, ada baiknya anda meminum air hangat atau air dengan suhu yang normal saja untuk menghindari masalah gigi ngilu.