Bagaimana Cara Menghadapi Mata Tua Atau Presbiopi?

DokterSehat.Com – Mata adalah jendela kehidupan, demikianlah yang sering dikatakan kebanyakan orang. Namun adakalanya jendela ini tidak sejernih dahulu, pemandangan yang terlihat berubah buram. Inikah yang Anda rasakan? Jika Anda berusia 40an tahun, waspadah terhadap gangguan mata tua (presbiopi).

8

Mata tua sering menimpa orang dewasa mulai dari usia 40 dan memburuk diusia 65 tahun. Gejala yang dirasa adalah kelelahan mata dan sakit kepala, khususnya jika Anda mengonsumsi alkohol atau berada pada ruangan yang redup. Ciri lainnya ialah jarak pandang yang lebih jauh saat Anda membaca, ini dapat menguntungkan jika Anda memiliki rabun jauh—karena Anda tak memerlukan kacamata untuk membaca.

Lalu apa penyebab mata tua? Mata tua terjadi karena mengerasnya lapisan pada lensa mata akibat proses penuaan, hal ini menyebabkan berkurangnya kelenturan pada lensa mata sehingga gambar muncul diluar titik fokus.

Jika Anda mengalami hal ini sebelum usia 40 tahun, ini bisa menjadi indikasi adanya penyakit lain seperti diabetes, mulitiple sclerosis, dan gangguan pada sistem peredaran darah. Beberapa obat-obatan seperti, antidepresan, antihistamin, dan diuretik juga dapat mengganggu kemampuan fokus mata Anda.

Apakah ada solusi yang dapat membantu penderita mata tua atau presbiopi ini? Setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan, yaitu penggunaan lensa korektif, melakukan bedah retraktif, bahkan implantasi mata.

Jika memang sebelumnya Anda tidak memiliki gangguan mata, Anda masih dapat menggunakan kacamata tanpa resep yang dijual bebas, namun alangkah baiknya jika Anda tetap memeriksa kondisi mata Anda pada dokter sebelum mencobanya.

Kacamata baca yang dijual bebas biasanya memiliki skala pembesaran (Power) dengan ukuran terendah +1.00 hingga +4.00. Saat memilih kacamata pastikan ukuran skala pembesarannya sesuai dengan kondisi mata, setidaknya Anda harus merasa nyaman sewaktu membaca.

Baca Juga:  Gangguan Penyakit Jiwa Neurosis

Anda juga dapat mengatur jarak baca mulai dari 35-40cm sewaktu mencobanya. Jika tidak tersedia ukuran yang cocok dengan kondisi mata, sebaiknya Anda memesan khusus dengan pilihan sebagai berikut :

  • Kacamata Trifocals ditujukan bagi mereka yang sering menatap layar komputer dan pandangan jarak menengah dengan kombinasi garis horizontal yang terlihat ataupun progressive bifocals.
  • Kacamata Bifocals dengan dua pilihan berupa garis horizontal yang terlihat atau tanpa garis, disebut juga progressive bifocals. Kacamata membantu jarak pandang Anda saat melihat kedepan dan memudahkan Anda membaca sewaktu melihat kebawah.
  • Kacamata khusus baca bagi mereka yang tidak memiliki gangguan mata

Selain kacamata adapula pilihan lain berupa lensa kontak yang berfungsi serupa dengan kacamata, misalnya; lensa kontak Bifocals, lensa kontak Monovision (lensa kontak untuk jarak jauh yang dipakai di mata dominan dan jarak dekat pada mata lainnya), dan lensa modifikasi Monovision (kedua lensa memiliki jarak pandang jauh, dengan modifikasi satu lensa bifocals pada mata yang tidak dominan).