Bagaimana Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi?

DokterSehat.Com – Tak hanya dialami oleh orang dewasa, bayi juga bisa mengalami cegukan. Bagi banyak orang tua, cegukan yang muncul pada bayi tentu akan membuat mereka bisa kebingungan. Bagaimana tidak, jika pada orang dewasa cegukan bisa diatasi dengan meminum air atau menahan nafas, maka kita tentu tidak bisa melakukannya pada bayi. Lantas, bagaimana cara mengatasi cegukan yang muncul pada bayi?

doktersehat-bayi-makan-sayur-buah

Pakar kesehatan dr. Meta Hanindita, SpA yang berasal dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya meneybutkan jika cegukan memang biasa muncul pada bayi, termasuk bayi yang baru saja lahir. Di dalam dunia medis, cegukan disebut sebagai singultus dan terjadi karena adanya kontraksi tiba-tiba yang muncul pada diafragma. Karena adanya kontraksi ini, maka terjadilah hisapan udara secara mendadak menuju bagian dalam paru-paru. Udara yang melewati pita suara inilah yang akhirnya menimbulkan suara cegukan yang khas.

Pada orang dewasa, cegukan kerap kali terjadi karena makan yang terlalu cepat, mengkonsumsi minuman dingin, mengkonsumsi makanan panas atau terlalu pedas, hingga tertawa atau batuk yang terlalu keras. Pada bayi, cegukan sangat normal terjadi dan biasanya akan hilang dengan sendirinya saat bayi tertidur. Namun, ada kalanya cegukan ini bisa sangat mengganggu aktifitas tidur atau menyusui sehingga akhirnya akan membuat bayi rewel, batuk-batuk, hingga muntah. Jika hal ini terjadi pada bayi anda, maka ada baiknya anda segera memeriksakannya ke dokter untuk mengatasinya.

Lantas, apa yang bisa dilakukan orang tua dalam mencegah atau mengatasi cegukan pada bayi? Dr. Meta menyarankan orang tua untuk mengawasi bayi saat menyusui dan pastikan mereka menyusui dengan tenang dan pelan-pelan. Banyak kasus dimana bayi terlalu bersemangat menyusu dan pada akhirnya tersedak atau terkena cegukan. Jika perlu, ubahlah posisi menyusui bayi agar lebih nyaman dan lebih tenang. Setelah menyusui, cobalah untuk membantu bayi agar bisa bersendawa karena bersendawa adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam mengatasi cegukan pada bayi.