Bagaimana Cara Mempercepat Menstruasi

DokterSehat.Com – Semua wanita normal tentu mengalami menstruasi setiap bulan. Siklus menstruasi rata-rata terjadi setiap 28 hari atau normalnya terjadi antara 21 hari hingga 35 hari. Berkaitan dengan menstruasi, sebagian wanita bertanya-tanya apakah ada cara mempercepat menstruasi? Pertanyaan seperti ini biasanya muncul dari wanita-wanita yang sibuk, wanita yan hendak melakukan kegiatan penting seperti naik haji atau berpergian jauh, dan wanita yang sering terlambat menstruasi.

9113110777_d4a5f35dff_k

Wanita yang sibuk ingin mempercepat menstruasi agar tidak mengganggu kegiatan tertentu yang hendak dilakukan pada suatu waktu. Demikian pula dengan kaum wanita yang hendak naik haji atau berpergian. Menstruasi pada saat naik haji atau berpergian pasti akan sangat merepotkan dan menjadi penghalang melakukan kegiatan. Sedangkan pada wanita yang sering terlambat menstruasi, mempercepat menstruasi menjadi cara agar siklus menstruasi kembali normal.

Berikut cara mempercepat menstruasi :

• Jangan terlalu sibuk
Ternyata faktor kesibukan sebagai salah satu penyebab terjadinya telat datang bulan dan bisa mengganggu masa kesuburan. Waspadalah terhadap masalah kesibukan Anda. Jangan terlalu berlebihan dan memporsir pekerjaan sehingga Anda sendiri tidak punya waktu untuk mengistirahatkan diri Anda.

• Mengkonsumsi makanan yang sehat
Mengkonsumsi makanan sehat setiap hari adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan menstruasi secara teratur dan cepat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa makan yang mengandung cokelat, kafein, gula, daging dan susu cenderung akan menyebabkan proses menstruasi lebih lama.
Pengobatan secara tradisional juga bisa Anda lakukan, dengan mengkonsumsi sekar malam, jamu pil manjakani, pil manjakani, dan manjakani perapat.

• Minum air putih yang cukup
Menghindari diri dari dehidrasi adalah hal yang perlu diperhatikan oleh seorang wanita yang ingin mendapatkan menstruasi secara cepat. Dehidrasi dapat menyebabkan periode menstruasi yang lama. Seorang wanita yang sehat, harus meminum air putih beberapa gelas setiap hari. Anda juga harus menghindari kafein, minuman yang mengandung gula, dan alkohol, agar proses menstruasi bisa semakin pendek.

Baca Juga:  Tanda-Tanda Vagina Anda Tidak Sehat

• Konsumsilah vitamin C dosis tinggi
Vitamin C berkontribusi dalam produksi estrogen (yang membangun lapisan uterus). Ketika mengkonsumsi dalam dosis tinggi, uterus mulai berkotraksi dan mentruasi dimulai. Sumber terbaik Vitamin C untuk tujuan ini adalah teh parsley atau teh hijau. Minumlah secangkir teh 2 hingga 3 kali sehari; anda juga bisa meminum jus cranberry kualitas tinggi untuk Vitamin C. Jika Anda memilih untuk menggunakan suplemen, konsumsi 3000mg Vitamin C dalam 3 hari untuk merangsang menstruasi. Yakinlah bahwa Anda sedang tidak hamil saat meningkatkan konsumsi Vitamin C karena bisa menyebabkan keguguran.

• Makanlah seledri
Seledri juga disebut makanan emmenagogic, yaitu makanan yang dilaporkan dapat merangsang aliran darah pada pelvis dan uterus yang dipercaya merangsang menstruasi. Batang dan daun seledri mengandung apiol, sebuah hal alami yang dikenal dapat merangsang kontraksi pada uterus.

• Makanlah buah pepaya
Lakukan secara rutin mengkonsumsi pepaya selama 7 hari. Dalam buah pepaya mengandung karoten untuk merangsang haid. Jika Anda kesulitan dalam mendapatkan buah pepaya, gantilah dengan wortel atau labu untuk dosis karoten bermanfaat.

BACA JUGA : Awas Jangan Konsumsi Daging Merah, Bisa Menyebabkan Aterosklerosis