Bagaimana Bunyi Jantung Normal ?

DokterSehat.Com – Sepanjang hidup kita jantung berdenyut sekitar sekali setiap detik dan akan lebih sering saat kita melakukan aktivitas fisik. Anda dapat mendengarkan bunyi jantung melalui stetoskop. Ketika dua bilik mulai berkontraksi, katup mitral dan katup trikuspid menutup secara tiba-tiba. Kemudian, katup pulmonik dan aorta membuka, dan daun dari kedua katup ini bervibrasi karena tekanan tiba-tiba yang disebabkan oleh darah yang mendorong mereka untuk mengembang.

8

Bunyi jantung terutama ditimbulkan oleh penutupan katup mitral (terletak antara serambi kiri dan bilik kiri) dan trikuspid (terletak antara serambi kanan dan bilik kanan) yang disebut bunyi jantung pertama, dan itu sering diekspresikan sebagai lub jika Anda mengimitasikan keseluruhan bunyi jantung sebagai lub-dub. Segera setelah bunyi pertama meredup, tekanan dalam bilik turun, cukup untuk tertutupnya katup aortik dan pulmonik, dan terbukanya katup mitral serta katup trikuspid.

Bunyi jantung yang disebabkan terutama oleh penutupan katup pulmonik (terletak pada outlet bilik kanan) dan aortik disebut bunyi jantung kedua. Sering diekspresikan sebagai dub jika Anda menirukan bunyi jantung. Karena waktu ekpansi periode kontraksi ventrikel (diastole) berlangsung lebih lama daripada periode kontraksi ventrikal (sistole, ada saat diam antara setiap siklus jantung. Konsekuensinya, bunyi jantung normal dapat diekspresikan seperti lub-dub diam lub-dub diam dan seterusnya.

Kadang-kadang vibrasi dari dinding bilik mungkin terdengar seakan bilik tersebut berisi darah yang dicurahkan dari serambi selama periode ekspansi (diastole) bilik. Bunyi jantung ini disebut bunyi jantung ketiga, relatif umum di kalangan orang muda yang sehat.

Berbagai penyakit jantung memproduksi bunyi jantung yang abnormal dan segi waktu dan intensitas. Bunyi yang abnormal diciptakan oleh katup jantung yang sakit atau rusak yang disebut bising jantung, dan berbagai penyakit jantung dapat menyebabkan berbagai jenis desiran jantung. Anda dapat mendengar desiran jantung yang sangat kencang bahkan tanpa menggunakan stetoskop.

Baca Juga:  Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Jantung Kita Tidak Sehat

Bagaimana kerja pompa jantung yang normal?

Jantung yang normal dengan kecepatan 70 denyut permenit memompa sedikit lebih dari 2,5 ons aliran pergerakan; jumlahnya mencapai 6 liter keluaran darah per menit. Akibatnya, jantung memompa sekitar 5.500 liter darah setiap hari seberat 6 ton! Akan tetapi, jantung Anda dapat memompa sebanyak-banyaknya 35 liter darah per menit jika perlu, seperti saat latihan tisik yang berat seperti lari, pertandingan olah raga, dan sejenisnya.

Kegiatan jantung Anda meningkat secara mencolok selama berbagai aktivitas fisik. Pada individu yang sehat saat jantung beristirahat, kecepatannya 60 sampai 70 detak per menit, kecepatan maksimum bisa rnencapai 180 sampai 200 denyut per menit selama larihan fisik yang inrens. Setiap denyut jantung ditransmisikan ke seluruh saluran sirkulasi darah yang dirasakan sebagai denyut pada pergelangan rangan, leher, atau pembuluh darah pergelangan kaki.

Sistem jantung Anda dan pembuluh darahnya yang terhubung (sistem kardiovaskular) terkoordinasi dengan balk sehingga sistem itu mengatur pasokan darah ke bagian tertentu tubuh sesuai dengan apa yang dibutuhkan di sana. Sebagai contoh, lambung Anda dan sistem pencernaan Iainnya menuntut pasokan darah tambahan selama dan setelah makan. Ketika makanan selesai dicerna, aliran darah ekstra ke sistem pencernaan Anda rertutup, dan suplai darah tambahan menjadi tersedia unruk bagian-bagian lain tubuh Anda.

Selama aktivitas fisik, sistem kardiovaskular memasok darah tambahan dalam jumlah yang lebih besar ke lengan dan kaki Anda. Selama pengerahan tenaga fisik apa pun, jumlah oksigen yang digunakan oleh jaringan meningkat. Untuk mendapat pasokan oksigen yang lebih besar, keluaran darah jantung Anda harus ditingkatkan. Ini terjadi terutama melalui kecepatan jantung yang lebih meningkat dan napas yang lebih cepat.