Bagaimana Alkohol Bisa Merusak Saraf Manusia

DokterSehat.Com – Sudah begitu banyak informasi kesehatan yang menunjukkan bahwa minuman beralkohol bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat buruk bagi manusia. Disamping memberikan masalah kesehatan pada organ pencernaan, alkohol juga kerap dikaitkan dengan masalah pada organ jantung dan resiko mendapatkan stroke yang cukup tinggi. Disamping kedua masalah di atas, alkohol ternyata juga bisa memberikan masalah bagi saraf manusia. Bagaimana alkohol bisa mempengaruhi saraf menjadi bermasalah?

doktersehat-Cerebral-Palsy

Hampir semua organ tubuh akan mengalami masalah jika alkohol dikonsumsi secara masif dan rutin. Kerusakan ini biasanya baru dapat terlihat secara perlahan-lahan setelah alkohol dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Sifat alkohol yang cenderung menenangkan memang sering dianggap sebagai pelarian yang efektif dari berbagai masalah. Namun, kemampuannya dalam membuat mabuk dan kesadaran manusia tentu bisa mempengaruhi sistem saraf.

Alkohol yang dianggap sebagai pereda stres justru dapat membuat kadar serotonim dalam tubuh meningkat secara signifikan. Kadar serotonim ini bisa memicu rasa candu dan ingin mengkonsumsi alkohol secara berulang namun juga bisa menyebabkan masalah yang lebih besar layaknya kegelisahan, depresi, hingga tubuh yang cenderung gemetaran. Alkohol juga bisa merusak reseptor glutamat yang membuat peminumnya akan mengalami banyak penurunan aktivitas. Inilah penyebab banyak pengkonsumsi alkohol cenderung mudah marah, hilang kesadaran, hingga kemampuan komunikasi dengan orang lain.

Neutron pada tubuh juga cenderung akan menurun aktifitasnya sehingga membuat respon tubuh pun cenderung melambat. Disamping itu, sistem saraf pusat pun akan cenderung mudah terserang sehingga rasa stress dan depresi pun semakin meningkat. Indera penglihatanpun cenderung akan memburuk dan laju gerakan semakin melambat. Organ yang berkaitan langsung dengan aktivitas meminum layaknya kandung kemih pun bisa mengalai infeksi dan ginjal pun bisa menjadi semakin bermasalah jika kita terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.