Badan Terlalu Kurus Juga Tidak Baik

DokterSehat.Com – Sering kali kita melihat banyak model-model terkenal memiliki badan yang sangat kurus hingga terlihat tulang-tulangnya saja. Banyak orang yang terobsesi untuk memiliki tubuh yang ramping dan kurus karena tentu akan sangat mudah bagi mereka mendapatkan penampilan yang baik karena pilihan fesyen yang bervariasi. Sayangnya, tubuh yang terlalu kurus ternyata juga sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa dampak kesehatan tubuh jika tubuh kita ternyata terlalu kurus.

doktersehat-diet-buncit

Perempuan yang cenderung kurus ternyata memiliki resiko mendapatkan serangan jantung yang sangat besar. Beberapa penelitian kesehatan menunjukkan bahwa wanita berusia 42 tahun ke atas ternyata beresiko mendapatkan serangan jantung hingga 3 kali lebih besar dari mereka yang memiliki badan biasa saja. Dengan tubuh yang sangat kurus, kandungan lemak dalam tubuh pun sangat sedikit sehingga tubuh mengalami masalah radang sendi dan bisa menyebabkan masalah penyumbatan pembuluh darah menuju jantung. Selain itu, jika wanita yang terlalu kurus sedang hamil, maka resiko mendapatkan keguguran bahkan bisa meningkat hingga 72 persen pada trimester kehamilan pertama. Wanita yang hamil dengan kondisi kurus juga cenderung lebih mudah terkena morning sickness yang tentu sangat menyiksa.

Untuk kaum pria yang terlalu kurus, maka kesuburan pria pun bisa jadi mengalami masalah karena kualitas sperma bisa berkurang drastis. Tubuh tidak lagi bisa memiliki keseimbangan hormon yang mempengaruhi produksi sperma. Jumlah sperma yang diproduksi pun akan jauh berkurang dan kualitas sperma pun jauh menurun sehingga kesulitan untuk membuahi indung telur. Disamping itu, pria juga rentang mendapatkan depresi karena hormon bahagia juga mengalami hambatan produksi. Pria pun cenderung mudah stress dan marah karena kondisi tubuh yang terlalu kurus.

Baca Juga:  Awas, Ibu Hamil yang Terlalu Lelah Bekerja Akan Mempengaruhi Ukuran Janninya

Tulang dan paru-paru juga bisa mengalami gangguan kesehatan karena tubuh yang terlalu kurus. Tubuh akan kekurangan sel adipokin yang diproduksi melalui lemak tubuh. Sel inilah yang membantu daya tahan tubuh dalam melawan penyakit bronkitis dan pneumonia. Disamping itu, tulang-tulang pun cenderung lebih rapuh karena hormon estrogen yang semakin berkurang dan mempengaruhi kekuatan dan massa tulang.

Banyak orang yang berkata bahwa tubuh haruslah berada dalam kondisi yang ideal, tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk. Dengan kondisi tubuh yang ideal, maka tubuh pun memiliki kadar hormon yang seimbang sehingga tubuh bisa bekerja dengan normal dan memiliki sistem imun yang baik sehingga tidak mudah mendapatkan gangguan kesehatan.