Badan Sebelah Kanan Terasa Lebih Rendah Daripada Kiri

Dear Dokter



Sudah 4 tahun ini kadang kala Kepala terasa bergoyang & kliyengan & frekwensinya makin meningkat, tapi tidak ada rasa nyeri kepala atau mual. Kalau terserang disertai jantung berdetak kencang dan tensi meningkat. Terjadi terutama pada saat di keramaian/underpresure & buru2/debat/lama didepan komputer/berjalan atau mondar mandir terlalu lama/terjadi pada pagi & siang hari.

Badan sisi kanan terasa “lebih rendah” daripada sisi kiri. Tensi rata2 145/95 dgn trend diastolic terus meningkat. Hasil pemeriksaan selama ini:

  • Jantung baik, kolesterol baik, gula darah baik, Hb & Ht rata2 16,9 & 50, Asam urat rata2 8,0, MRI (2008)= bersih & normal, TCD Leher/USG Kepala = Darah normal flow, Lever & Ginjal OK (Ada beberapa batu ginjal kecil), Test keseimbangan/THT OK. Tetapi: Rontgen Cervical/Mastoid/Leher = Pengapuran sedikit disekitar tulang leher krn faktor usia, USG Kepala = Low Flow arteri cerebri media/posterior & arteri basilaris,CT-Scan Leher = Tampak penyempitan (=stenosis) foramen intervertebralis C4-5, C5-6 & C6-7 Kiri (diameter 0.6 – 0.9cm), dan C5-6 Kanan disertai osteofit (diameter 0.7cm). Normal 1cm, Test EMG = Mendapatkan hasil yg sesuai dgn test CT-Scan Leher diatas, Iritasi radik C5-6 & C6-7 terutama C5-6 Kanan dgn NCV normal, CT – Scan Jantung & TCD Leher = Arteri dr Jantung ke Leher sangat kaku dan Aorta melebar & otot jantung menebal, Test Spasmofilia leher = Test Chovstek +/+ tapi Tes Iskemik Tidak tampak abnormalitas.

Kira2 dokter suspect apa ya dan saya sebaiknya dirujuk ke dokter mana ya? karena sudah 4 tahun kesana kemari penyakitnya tidak ketemu. Terima kasih atas petunjuknya

Jawaban Konsultasi

Sebelumnya terimakasih sudah memberikan data yang lengkap 🙂

Baca Juga:  Apakah Makanan Ringan Termasuk Junk Food?

Tetapi ada baiknya untuk pemeriksaan lebih lanjut konsultasi langsung dengan dokter Penyakit Dalam dan Saraf agar mendapatkan pemeriksaan yang lebih intensif dengan pemeriksaan fisik secara langsung

Coba lakukan pemeriksaan darah ulang sebelum ke dokter spesialis, karena data pemeriksaan sejak tahun 2008 ada kemungkinkan  sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

Mengenai perihal merasa badan kanan lebih rendah daripada kiri mungkin sekedar perasaan saja atau apabila memang benar merasa begitu ada baiknya diberikan informasi ke dokter yang memeriksa secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis.

Semoga bapak bisa segera sehat.

Salam Sehat


Dr. Rosa

Team ProVClinic – Holistic Health Care & DokterSehat