Badan Pegal-Pegal Harus Diatasi Dengan Balsam atau Minyak Gosok?

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah hal yang dipercaya oleh masyarakat dimana saat badan terasa pegal-pegal, maka ada baiknya mereka segera mengoleskan balsam, minyak gosok, atau koyo yang bisa membuat bagian tubuh yang pegal tersebut terasa hangat. Sensasi panas atau hangat ini disebut-sebut bisa membuat rasa pegal tersebut cepat mereda. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-sakit-pundak-punggung-Spondilitis-Ankilosa

Sebuah penelitian pun dilakukan di University of Ulster di Irlandia Utara untuk mengetahui apakah terapi panas memang bisa menyembuhkan pegal-pegal pada tubuh. Hasilnya adalah, terapi panas ternyata tidak efektif mengatasinya. Yang tidak disangka adalah, justru para peneliti lebih merekomendasikan kita untuk berendam di air dingin jika ingin mengatasi pegal-pegal pada tubuh. Dengan berendam di air dengan suhu 6 derajat Celcius, maka rasa sakit dan peradangan pada otot akan lebih cepat mereda sehingga sensasi pegal pun akan lebih cepat menghilang.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Profesor Nikolai Shevcuk, pakar mikrobiologi yang berasal dari University School of Medicine yang ada di Amerika Serikat menyebutkan bahwa mandi air hangat memang bisa membuat tubuh meningkatkan hormon endorphin, hormon yang bisa membuat mood semakin membaik dan membuat seseorang bahagia. Adanya hormon inilah yang diyakini membuat kita merasakan efek tubuh lebih baik saat memberikan terapi hangat saat tubuh sedang pegal-pegal.

Selain itu, terdapat penelitian lain yang menyebutkan bahwa penggunaan minyak gosok, koyo, atau balsam ternyata bisa menghilangkan rasa nyeri memakai efek counter irritant, efek yang bisa membuat kita melupakan sensasi nyeri untuk sementara waktu meskipun sebenarnya rasa nyeri tersebut tidak benar-benar hilang. Hal ini disebabkan oleh adanya sensasi panas lain yang menyakitkan dan lebih diperhatikan oleh otak kita sehingga rasa pegal pada tubuh pun seakan-akan menjadi tidak terasa.

Melihat adanya fakta ini, penggunaan terapi panas sebenarnya memang tidak efektif untuk mengatasi pegal pada tubuh.