Badan Kegemukan Tidak Selalu Disebabkan Oleh Masalah Pada Metabolisme

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika menumpuknya lemak di tubuh mereka disebabkan oleh sistem metabolisme tubuh yang tidak lancar. Anggapan ini muncul karena menurunkan berat badan memang tidak semudah yang dibayangkan meskipun mereka sudah melakukan program diet. Padahal, dalam realitanya, metabolisme bukanlah hanya tentang sistem pencernaan saja. Sistem metabolisme dalam tubuh bertanggung jawab dalam proses pengubahan apa yang kita konsumsi menjadi energi, memperbaiki sel-sel tubuh, sirkulasi darah, hingga proses pernafasan kita.

doktersehat-diet-olahraga-metabolisme-tubuh

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi lancar tidaknya proses metabolisme tubuh. Sebagai contoh, faktor genetik, usia, hingga jenis kelamin ikut berpengaruh. Pria cenderung memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi jika dibandingkan dengan milik wanita karena memiliki massa otot yang cenderung lebih banyak sehingga membutuhkan lebih banyak energi. Selain itu, semakin bertambahnya usia, sistem metabolisme juga cenderung semakin melambat sehingga kita semakin mudah menggemuk.

Alih-alih menyalahkan sistem metabolisme tubuh, cobalah untuk mengecek kembali apakah program diet dan program olahraga yang kita lakukan sudah cukup baik? Seringkali kita hanya fokus pada salah satu dari hal tersebut sehingga program penurunan berat badan tidak benar-benar bisa berlangsung dengan baik. Sebagai contoh, kita bisa melakukan olahraga yang dianggap efektif dalam membakar kalori sekaligus meningkatkan sistem metabolisme tubuh layaknya aerobik, zuma, dan juga berlari. Hanya saja, lakukan olahraga ini dengan rutin jika memang ingin berat badan kiat turun.

Penyesuaian makanan juga harus lebih diperhatikan. Sebagai contoh, hanya karena ingin menurunkan berat badan, kita justru melewatkan sarapan. Hal ini justru tidak baik karena kita justru akan membuat tubuh mengirim sinyal untuk lebih menghemat energi dan tidak benar-benar membakar lemak dengan maksimal. Selain itu, cobalah juga untuk memperbaiki waktu tidur agar lebih cukup sehingga sistem metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lebih baik.