Badai Membuat Pantai-Pantai di Australia Tercemar Kotoran Manusia

DokterSehat.Com – Sebuah berita cukup mengejutkan sekaligus menjijikkan terjadi di Australia. Karena terjangan hujan badai di Melbourne pada akhir pekan lalu, pantai-pantai di salah satu kota terbesar di Negeri Kanguru ini tercemar oleh kotoran manusia. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kursi-roda-pantai

Dr. Anthony Boxhaul yang berasal dari Environment Protection Authority (EPA), yang berbasis di Melbourne, berkata jika gara-gara hujan badai ini, kotoran dan berbagai sampah yang ada di saluran pembuangan ikut terseret hingga ke pantai. Alhasil, pantai di Port Melbourne, Mentone, dan juga Frankstone pun ditutup untuk umum mengingat banyaknya polusi dari kotoran, termasuk kotoran manusia, dan tingginya kadar bakteri tidak sehat. Dr. Boxhaul berkata jika hujan badai tersebut sangatlah parah sehingga memicu banjir dan kerusakan pada saluran pembuangan sehingga berbagai kotoran terseret hingga ke pantai.

Gara-gara kondisi ini, EPA pun menyebutkan jika pantai-pantai tersebut sangat tidak layak untuk dikunjungi oleh manusia. Baru-baru ini, pakar kesehatan yang mengambil sampel terbaru dari air laut pada kawasan tersebut bahkan menyebutkan jika kandungan bakteri Enterococci masih sangat tinggi sehingga air laut pun sangat tidak sehat untuk digunakan sebagai tempat berenang. Sebagai informasi, bakteri enterococci adalah bakteri yang banyak ditemukan pada kotoran manusia dan juga kotoran hewan mamalia. Andai manusia terinfeksi bakteri ini, maka manusia bisa mengalami berbagai masalah kesehatan. Infeksi yang masih dalam tahap ringan hanya akan menyebabkan sakit perut, diare, atau penyakit disentri dan muntaber. Hanya saja, andai infeksi sudah dalam tahapan yang berat, bisa jadi kita akan mengalami infeksi saluran kemih, penyakit meningitis, atau bahkan septisemia yang sangat berbahaya.

Dr. Boxhaul berkata jika mereka tak mampu melakukan apapun untuk mengatasi hal ini dan hanya menunggu datangnya sinar matahari yang akan membersihkan pantai dan air laut dari kotoran dan bakteri tersebut.