Bad Mood? Cobalah Mendengarkan Lagu Sedih Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com – Ada banyak cara untuk mengatasi rasa sedih atau bad mood. Beberapa orang memilih untuk berlibur ke tempat wisata atau menikmati makanan yang enak. Ada pula orang yang memilih untuk berolahraga agar badan menjadi lebih bugar sehingga mood pun akan semakin membaik. Hanya saja, ada yang justru memilih untuk mendengarkan lagu sedih.



Meskipun terlihat kurang efektif dalam mengusir bad mood, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika mendengarkan lagu sedih bisa berimbas positif bagi suasana hati kita. Menurut Anthony Domanico, beberapa jenis lagu yang dianggap cocok dengan suasana hati ternyata mampu membuat kita lebih berbahagia. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Free University of Berlin bahkan menyebutkan jika lagu-lagu sedih bisa memberikan efek yang cukup besar bagi suasana hati pendengarnya, khususnya dalam membangkitkan jiwa dan semangat.

Krystine Batcho, Ph.D, pakar kesehatan dari Le Moyne College, menyebutkan jika saat kita mendengarkan lagu sedih, kita bisa membangkitkan berbagai kenangan dan nostalgia tentang diri kita sendiri di masa lalu. Saat mendengarkannya, maka kita pun akan ingat kembali bagaimana cara kita dulu mengatasi berbagai masalah dengan baik.  Mengapa lagu sedih bisa membuat suasana hati kita membaik? Menurut Krystine, kuncinya ada pada lirik lagu tersebut. Jika lirik ini bisa menyentuh kepribadian seseorang, maka kita justru berempati dengan penyanyi dan merasa jika ada orang lain yang juga bisa mengalami kehilangan, kegagalan, atau berbagai masalah yang memicu rasa sedih. Kita pun tak lagi merasa sendiri dalam menghadapi berbagai masalah sehingga suasana hati pun akan semakin membaik.

Menurut Krystine, tidak masalah andai kita mendengarkan lagu sedih selama beberapa waktu saat sedang mengalami bad mood. Bahkan, andai kita menangis saat mendengarkan lagu sedih tersebut, kita justru akan lebih baik dalam melepaskan emosi dan beban pikiran sehingga suasana hati pun akan lebih cepat membaik.