BABY BLUES SYNDROME, Ketidakbahagian Ketika Memiliki Anak

DokterSehat.Com – Pada umumnya seorang ibu akan sangat bahagia ketika berhasil melahirkan seorang anak yang sehat, tetapi ada beberapa ibu justru menjadi tidak bahagia ketika memiliki bayi, hal ini merupakan salah satu gejala terjadinya sindrom baby blues pada seorang ibu pasca melahirkan. Sindrom baby blues adalah suatu keadaan yang dialami oleh seorang ibu pasca melahirkan yang memperlihatkan berbagai macam gejala, yaitu kehilangan minat dalam mengurus bayi nya sendiri, tidak bergairah atau malas dalam melakukan kegiatan apapun, suka melamun, merasa sedih, sensitif, sulit tidur, dan merasa cemas. Sindrom ini terjadi pada hari – hari pertama setelah seorang ibu sudah melahirkan.

shutterstock_313263605 copy

Sindrom baby blues dapat terjadi akibat adanya ketidakseimbangan hormon – hormon yang terjadi secara tiba – tiba, pada ibu hamil hormon estrogen dan progesteron menjadi tinggi tetapi ketika melahirkan hormon – hormon tersebut turun secara drastis namun hormon oksitosin meningkat tinggi.

Ada tiga jenis sindrom baby blues yaitu, pertama adalah postpartum blues , ini merupakan bentuk yang paling ringan , biasanya sembuh sendiri setelah 2 minggu dan prevalensinya 70 – 80%. Yang kedua adalah depresi postpartum, pada kondisi ini gejala menetap sampai dua bulan lebih dan mengganggu ibu serta bayinya , prevalensi depresi pospartum sekitar 10 – 15%. Lalu yang ketiga adalah psikosis postpartum, kondisi ini jarang terjadi namun hal ini membutuhkan pertolongan medis segera karena daapat mengalami halusinasi , agitasi, keinginan bunuh diri dan juga dapat mencelakai bayinya sendiri.

Terapi yang digunakan untuk hal ini yaitu berupa psikoterapi ( pakar mengajak bicara sang ibu untuk mengetahui dan memahami seberapa jauh kesiapannya dalam mempunyai anak ), sementara itu farmakoterapi atau penberian obat merupakan salah satu pengobatan jika psikoterapi tidak berhasil dilakukan pada pasien yang menderita sindrom baby blues.

Baca Juga:  Jangan Pernah Lupa Makan Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Semua sindrom baby blues dapat dicegah dengan meciptakan hubungan yang baik selama ibu hamil dan pasca melahirkan, sang ibu juga perlu diajak berbagi perasaan dan jangan lupa sang ibu harus beristirahat ataupun bersantai sehinggga ibu merasa relax.