BAB Perih Dan Berdarah

Pertanyaan Konsultasi



Salam Dokter
Pagi dokter,saya Veronica usia 32 tahun,saya sudah lama bab keluar darah segar kira- kira sudah 12tahun yang lalu. Tapi saya tidak pernah periksakan karena tidak setip bab kluar darah,tapi kalau sudah kambuh kadang perih bagian anus dan prut kadang seperti mual dan kepala pusing. Saya pikir ini sakit magg saya kambuh,nah pas tadi kira jam 18 sore tadi saya buang air kecil mengeluarkan darah kenapa ya dokter? Terus terang saya takut kalau saya sakit makanya saya tidak berani periksa. Apakah sakit saya ini berbahaya atau hanya luka biasa saja dibagian dekat anus,karena memang sepertina ada luka kecil dekat lubang anus saya?

Salam

Ibu Veronica

Jawaban Konsultasi

Salam Sejahtera,
Ibu tidak perlu terlalu khawatir sehingga akhirnya tidak mau mengobati penyakit ibu karena bila tidak diobati takut nya akan menimbulkan efek yang lain,yang paling mudah adalah terjadinya anemia karena darah yang terusa saja keluar. Melihat dari gejala yang ibu alami kemungkinan ibu mengalami hemoroid interna,diperlukan pemeriksaan fisik lebih lanjut untuk memastikannya,nah penyakit ini memiliki beberapa grade,bila belum parah bisa diatasi dengan perubahan diet seperti harus lebih banyaka makan serat (sayuran) dan obat-obatan. Oleh karena itu periksakanlah diri ibu ke dokter untuk dipastikan jenis penyebabnya dan diobati secara segera.
Nah kalau keluarnya darah lewat kencing ibu,apakah sebelumnya ada gejala nyeri ketika berkemih? Atau nyeri di area pinggang diikuti dengan demam ? Penyebab kencing berdarah ada beberapa hal,bisa karena iritasi karena adanya batu,atau bisa juga karena adanya infeksi/ kelainan pada ginjal. Namun sering kali juga darah tersebut bukan benar-benar dari air seni melainkan dari anus. Konsultasikanlah diri dengan dokter setempat untuk mendapatkan jelelasan lebih lanjut mengenai sakit ibu tersebut.

Salam

Baca Juga:  Sering Sakit Kepala Hampir Seminggu Berbahayakah?

dr. Nellyn Angela

Team DokterSehat.com