informasi kesehatan


BAB Berdarah

BAB Berdarah

            

Pertanyaan Konsultasi

Salam Dokter

Dokter,saya titik saya tadi pagi BAB-nya berdarah agak takut sih,tapi saya bukan tipe susah BAB,dan BAB keras. Saya hampir 3kali sehari BAB, dan tidak susah. Darahnya lumayan banyak dan ini sudah sering. Apa yang harus saya lakukan?
Sebelumnya saya didignosa ada Miom uteri. Apakah ada hubungannya?

Salam

Ibu Titik

Jawaban Konsultasi

Salam Sejahtera,

BAB yang berdarah tidak ada hubungannya dengan mioma uteri. BAB yang berdarah (darah segar) dapat disebabkan oleh perdarahan saluran cerna bagian bawah (usus sigmoid sampai dengan anus) baik itu berupa luka pada pembuluh darah misal pada ambeien,luka pada usus atau terbentuknya jaringan baru yang muda berdarah (tumor jinak/ ganas) . BAB 3kali sehari (apakah BAB berbentuk seperti kotoran kambing (kecil-kecil)? Gejala ini sudah berlangsung berapa lama? Dari sejak kecil sebelumnya 1kali saja atau memang sudah 3kali sehari? Apakah ada darah yang kadang nampaka melekat pada kotoran ibu? Atau adakah benjolan pada anus ibu yang keluar pada saat ibu BAB (baik dapat masuk lagi/ tidak)?
Untuk memastikan penyebab yang lebih pasti disarankan ibu untuk berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan lainnya.

Salam

dr. Nellyn Angela

Team DokterSehat.com

pf button both BAB Berdarah