BAB Berdarah Dan Melekat Pada Kotoran

Pertanyaan Konsultasi



Salam Dokter
Dokter,saya Cliff saya alami BAB berdarah dimana darahnya melekat pada kotoran merah segar,tetapi yang melekat pada kotoran agak seperti lendir atau susah putus. Pola saya makan padahal menghindari fastfood,dan saya BAB rutin setiap pagi. Konsumsi sayur juga banyak tetapi tidak setiap hari,ada hari-hari tertentu yang terlewat. Ini apakah masih kondisi pendarahan hanya pada dinding anus? Apa konsumsi makanan yang dapat menggantikan darah yang keluar?

 

Salam

Ibu Cliff

Jawaban Konsultasi

Salam Sejahtera,
Apakah feses keras? Rasa nyeri di perut? Darah yang berwarna merah segar menandakan perdarahan pada saluran oencernaan di bawah lig.treitz ( kemungkinan perdarahan di colon sigmoid atau anus). Sebaiknya anda makan banyak serat seperti sayur dan buah serta minum air putih.
Bila hal ini terjadi satu kali dan darah yang keluar tidak banyak,tidak perlu minum suplement apapun untuk menambah darah,karena kadang kala suplement Penambah darah yang mengandung Fe (zat Besi) membuat feses semakin keras. Makan makanan yang bergizi dan sayur serta buah dapat menggantikan kekurangan darah dalam jumlah kecil pada tubuh.

Salam

dr. Vanny Bernadus

Team DokterSehat.com