Awas, Wanita Rentan Terkena Gangguan Mental Berikut

DokterSehat.Com – Meskipun sama-sama bisa terkena gangguan mental, pakar kesehatan menyebutkan jika wanita ternyata lebih rentan terkena gangguan mental jika dibandingkan dengan pria. Dalam realitanya, wanita memang memiliki sisi emosional yang berbeda dengan kaum pria sehingga mereka lebih rentan terkena masalah mental ini. Apa sajakah penyakit gangguan mental yang bisa menyerang kaum hawa?

doktersehat-gangguan-kecemasan-kepribadian-menghindar

Serangan panik
Ada sebuah kelakar di dunia maya yang menyebutkan jika wanita adalah pengendara yang lebih buruk dibandingkan dengan pria karena lebih mudah mengalami panik. Dalam realitanya, sebuah penelitian kesehatan menyebutkan jika wanita memang dua kali lebih mudah terkena serangan panik jika dibandingkan dengan kaum pria. Panik ini bahkan bisa memicu fobia di kemudian hari.

Depresi
Wanita ternyata juga lebih mudah terkena depresi jika dibandingkan dengan pria karena secara alami, tubuh wanita lebih mudah mengalami fluktuasi hormon, khususnya saat masa menstruasi, kehamilan, hingga menopause yang tidak dialami oleh pria. Perubahan hormon ini berpengaruh besar pada mudahnya mereka mengalami depresi.

Gangguan Makan
Kita tentu pernah mendengar wanita yang mengalami gangguan makan layaknya anoreksia atau bulimia karena memiliki obsesi memiliki bentuk tubuh yang ramping dan sempurna. Tak hanya itu, banyak wanita yang sedang mengalami depresi juga cenderung mudah mengalami gangguan makan.

Baby Blues
Gangguan mental ini terjadi pada sebagian ibu yang baru saja melahirkan dimana ibu justru akan membenci anaknya sendiri karena sudah merasa lelah mengurusnya. Jika tidak mendapatkan dukungan dari orang-orang yang disekitarnya, maka masalah gangguan baby blues ini bisa menjadi semakin parah.

Mudah Cemas dan Trauma
Wanita juga cenderung lebih mudah cemas dan khawatir akan beberapa keadaan tertentu, tak hanya itu, jika wanita mengalami kejadian tertentu yang tidak menyenangkan atau menakutkan, maka hal ini akan membekas di dalam pikirannya dalam waktu yang sangat lama.