Awas, Wanita Dua Kali Lipat Lebih Rentan Alzheimer Dari Pria

DokterSehat.Com – Wanita dianggap lebih sering menggunakan perasaan daripada logika saat menentukan sesuatu atau menghadapi masalah. Berbeda dengan pria yang selalu mengedepankan logika dalam segalanya. Sikap wanita yang selalu membawa perasaan dalam hal apa pun rupanya memberikan sedikit kerugian pada dirinya, terutama dalam hal kesehatan.



Mungkin ladies kurang begitu merasakannya. Namun, terlalu mengedepankan perasaan menjadi salah satu faktor yang membuat wanita lebih rentan terhadap penyakit mental. Sebab, perasaan berhubungan dengan tingkat stres dan kesehatan mental kalian.

Menurut penelitian terbaru, wanita ternyata memiliki potensi mengalami gangguan kognitif ringan dan mental hingga dua kali lipat lebih besar daripada pria dengan kondisi yang sama.

Gangguan kognitif ini terjadi di otak dan meskipun memang tidak secara langsung bisa mengganggu kehidupan sehari-hari, tetapi hal ini erat hubungannya dengan kemungkinan terjadinya penyakit Alzheimer atau demensia.

Menurut peneliti, gangguan kognitif ini lebih rentan terjadi pada wanita daripada pria, dengan tahap kehilangan ingatan, kemampuan menyimpan memori jangka pendek dan tanda-tanda penuaan kognitif lainnya. Hal ini terjadi karena wanita cenderung mengembangkan plak di otak, yang merupakan ciri khas Alzheimer dan menjadi penyebab genetik yang masih belum diketahui.

Ada yang mengajukan teori bahwa kemampuan otak wanita lebih baik dan lebih aktif dari pria sehingga penuaan pun terjadi lebih cepat pada sel-sel otak wanita. Ada juga yang berasumsi bahwa hal ini dipengaruhi oleh faktor hormonal yang mana kadar estrogen memengaruhi hal ini.

Untuk hal ini, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sebab pastinya mengapa wanita bisa memiliki dua kali lipat potensi mengalami gangguan kognitif dan mental yang memicu terserang Alzheimer. Anda pun harus waspada mulai sekarang dan lebih menjaga kesehatan dari sekarang ya Ladies.