Awas! Ternyata 10 Kebiasaan Ini Menyebabkan Kanker

doktersehat-sate

DokterSehat.Com– Kanker manjadi penyakit mematikan dan memiliki dampak besar di seluruh dunia. Menurut statistik, kanker yang paling umum pada tahun 2016 diproyeksikan menjadi kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker usus besar, kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker ginjal, kanker endometrium dan kanker pankreas.

Jumlah orang yang hidup di luar diagnosis kanker mencapai hampir 14,5 juta pada tahun 2014 dan diperkirakan akan meningkat menjadi hampir 19 juta pada tahun 2024. Kanker adalah penyakit yang telah menyebabkan banyak kematian di seluruh dunia, dan jumlah kasus kanker baru akan meningkat menjadi 22 juta dalam dua dekade mendatang.

Kanker adalah penyebab utama kematian kedua secara global dan bertanggung jawab atas 8,8 juta kematian pada tahun 2015. Sekitar sepertiga kematian akibat kanker disebabkan oleh perilaku dan risiko diet tertentu, yang termasuk indeks massa tubuh yang tinggi, asupan buah dan sayuran yang rendah, kurangnya aktivitas fisik, tembakau dan terlalu banyak alkohol.

Berikut beberapa kebiasaan yang tidak Anda sadari ternyata berbahaya dan dapat menyebabkan kanker, seperti melansir Boldsky.

1. Pengharum atau pembersih udara

Penyegar udara telah menjadi produk perawatan rumah yang penting dan telah menggantikan rutinitas pembersihan lama yang baik dan pengharum tradisional. Penyegar udara ini tidak meningkatkan kualitas udara dengan cara apapun, mereka hanya menyamarkan bau busuk, memberi Anda rasa sanitasi yang salah. Namun, mereka mengandung zat-zat penyebab kanker yang berbahaya yang masuk melalui lubang hidung ketika Anda menyemprotkannya di sekitar Anda.

2. Minuman beralkohol

Konsumsi alkohol telah terbukti meningkatkan risiko kanker Anda. Sebuah studi mencatat bahwa minum alkohol dua kali sehari dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker rektum dan kanker payudara. Alkohol mengembangkan produksi asam lambung yang dapat merusak lapisan saluran pencernaan.

3. Pil KB

Mengonsumsi pil KB meningkatkan risiko kanker payudara serta kanker serviks dan hati. Juga, wanita yang tidak memiliki anak atau tidak dapat memiliki anak memiliki peningkatan risiko untuk kanker payudara.

4. Lilin

Studi terbaru mengatakan bahwa asap yang dikeluarkan dari lilin parafin mengandung karsinogen dan komponen bahan bakar fosil lainnya. Lilin parafin dapat menjadi pembunuh jika Anda secara teratur saat makan malam yang diterangi cahaya lilin. Sebaliknya, bakar lilin lebah murni, karena tidak akan merusak tubuh Anda.

5. Polusi kendaraan

Orang yang lebih terpapar asap atau polusi dari bahan bakar diesel menderita kanker paru-paru dan penyakit pernapasan lainnya. Diesel dan bensin melepaskan karbon monoksida beracun dan hidrokarbon, termasuk benzena.

6. Kosmetik

Kosmetik digunakan untuk meningkatkan penampilan, tetapi bahan kimia tertentu dalam kosmetik akan meresap dalam tubuh bahkan setelah mencucinya. Wewangian yang digunakan dalam produk kosmetik ini mencurigakan, karena produsen tidak menjelaskan formula mereka dengan perusahaan kosmetik. Pilihlah kosmetik organik untuk mengurangi risiko kanker kulit.

7. Makanan yang dibakar

Ketika Anda memanggang makanan seperti ikan, ayam dan daging, mereka menjadi sedikit gosong dan menjadi menghitam. Meskipun ini memberikan rasa berasap, namun ini dapat meningkatkan risiko kanker perut, usus besar dan pankreas.

8. Makanan kalengan

Makanan kaleng tidak sehat dan berbahaya karena makanan tersebut disegel dalam wadah logam yang dilapisi dengan lapisan plastik yang penuh dengan bahan kimia berbahaya. Makanan kaleng ini ketika dikonsumsi menyebabkan gangguan hormonal dan perubahan DNA yang mengakibatkan kanker payudara.

9. Diet soda

Soda diet mengandung pemanis buatan yang dikaitkan dengan peningkatan kanker pankreas dan jenis kanker lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet soda juga menyebabkan kanker kandung kemih dan tumor otak.

10. Tabir surya

Untuk mencegah kanker kulit dan kerusakan kulit lainnya, kebanyakan orang menggunakan tabir surya. Tetapi Anda akan terkejut mengetahui bahwa tabir surya mengandung bahan bernama zinc oxide, yang diketahui menghasilkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA dan memicu pertumbuhan kanker.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik