Awas, Sudah Bekerja Sebelum Jam Ini Bisa Memicu Depresi

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, masyarakat Indonesia sudah memulai pekerjaannya di jam yang sangat pagi, yakni sekitar jam 7 atau jam 8 pagi. Paginya jam untuk memulai bekerja ini membuat kita cenderung sulit mendapatkan waktu untuk sarapan pagi dan mudah terkena kemacetan lalu lintas. Kedua hal tersebut sudah cukup buruk bagi kesehatan kita. Selain itu, bekerja di jam terlalu pagi ternyata juga bisa memicu depresi.

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Para peneliti yang berasal dari Oxford University menyebutkan bahwa bekerja sebelum jam 10 pagi membuat kita lebih rentan terkena gangguan psikis seperti stress, depresi, susah fokus, dan pikiran yang kacau. Hal ini bahkan bisa menjadi lebih buruk jika kita juga harus bekerja hingga jam yang sangat sore atau malam. Salah seorang peneliti, Paul Kelly, menyebutkan bahwa tubuh manusia ternyata sudah dirancang untuk tidak bekerja di jam yang terlalu pagi. Jika kita merusak jam biologis pada tubuh ini, bisa jadi tubuh kita akan mengalami gangguan kesehatan.

Dalam penelitian yang dilakukannya pada siswa SMA di Monkseaton, Inggris, Kelly menyebutkan bahwa siswa yang belajar setelah jam 10 pagi cenderung meningkatkan produktifitas hingga 19 persen. Ia pun menganggap hal yang sama terjadi jika kita bekerja setelah jam 10 pagi.

Meskipun begitu, Kelly juga menyebutkan bahwa hal ini sangat bergantung bagi masing-masing individu. Ada sebagian orang yang justru sengaja bekerja di jam yang sangat pagi, bahkan setelah bangun tidur karena berpikir jika saat itulah kondisi badan dan pikiran masih segar dan bugar. Selain itu, banyak pula orang yang baru bisa mendapatkan ide atau berkonsentrasi justru saat bekerja di larut malam.

Jadi, kapan waktu yang paling ideal bagi anda untuk bekerja?