Awas Simpan Makanan Panas di Dalam Kantong Plastik Bisa Sebabkan Kebutaan!

DokterSehat.Com – Sering memesan makanan untuk dibawa ke rumah? Kita tentu sering melihat makanan panas layaknya bakso atau soto yang segera dimasukkan ke plastik bening agar bisa kita bawa pulang. Hal yang sama juga berlaku untuk makanan gorengan panas yang biasanya bahkan dibungkus dengan plastik hitam. Perilaku menyimpan makanan panas ke dalam kantong plastik panas ternyata bisa memberikan gangguan kesehatan berbahaya. Bahkan, beberapa penelitian menemukan bahwa kegiatan ini bisa memicu kebutaan!

doktersehat-plastik-minuman

Tahukah anda, senyawa yang ada pada bungkus plastik yang kerap kita pakai untuk membungkus makanan ini ternyata bisa menyebabkan masalah macular degeneration, sebuah penyakit pada retina mata yang bisa merusak retina mata dan pembuluh darah pada area mata. Dalam beberapa kasus, penyakit ini bisa memicu masalah kebutaan. Makanan panas bisa memicu senyawa mikroskopis pada plastik terlepas dan menempel pada makanan tersebut. Hal ini berarti, kita akan mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi senyawa kimia berbahaya dan jika hal ini sering dilakukan, maka senyawa ini akan menyumbat pembuluh darah pada area mata dan bisa memicu kebutaan.

Memang, gangguan pada mata ini baru bisa terjadi setelah kita sering mengkonsumsi makanan yang dibungkus dengan kantong plastik dalam jangka waktu yang lama. Namun, tetap saja resiko ini tidak bisa kita abaikan begitu saja, bukan? Beberapa jenis senyawa berbahaya layaknya stiren atau bisphenol A yang ikut tercampur pada makanan yang kita makan ternyata bisa memicu penyakit kanker, penyakit jantung, hingga masalah pada organ reproduksi!

Karena alasan inilah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memakai wadah non plastik jika ingin membungkus makanan. Meskipun terlihat repot, namun kita akan mengurangi resiko kesehatan yang terjadi jika kita membungkus makanan panas pada kantong plastik. Kita tentu tetap bisa menikmati makanan tanpa perlu mengorbankan kesehatan tubuh kita di kemudian hari.

Baca Juga:  TIPS MENGHINDARI JEPITAN SARAF DI TULANG BELAKANG

Sumber Foto: Express Photo