Awas, Setelah Mengonsumsi Obat Jangan Minum 4 Jenis Minuman ini!

DokterSehat.Com– Tubuh tidak selamanya akan sehat dan baik-baik saja. Anda juga akan merasa tidak enak badan meskipun hanya sekedar demam, flu, dan pusing. Saat Anda merasa tidak enak badan, tentu saja Anda akan segera pergi ke dokter untuk memeriksanya. Setelah memeriksa kondisi tubuh Anda, lantas dokter akan memberikan resep obat yang harus Anda minum agar kesehatan Anda pulih kembali.

Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa minuman yang tidak boleh Anda minum saat sedang mengonsumsi obat karena dapat menghilangkan khasiat dari obat itu sendiri. Beberapa minuman tersebut antara lain:

1. Susu

Banyak orang yang sudah mengetahui manfaat susu bagi kesehatan. Namun, ketika Anda sedang mengonsumsi obat, maka tidak disarankan pula meminum susu secara bersamaan, karena susu akan mengurangi daya serap antibiotik dalam tubuh. Kalsium yang terkandung dalam susu dapat mengganggu efek obat yang Anda konsumsi. Untuk itu, jika Anda ingin meminum susu, usahakan 4 jam setelah mengonsumsi obat.

2. Kopi dan Teh

Anda disarankan untuk tidak meminum kopi ataupun teh saat mengonsumsi obat, karena menurut pakar kesehatan, zat kafein yang terdapat pada kopi dan teh akan mempengaruhi fungsi obat dengan tidak semestinya. Jika Anda mengonsumsi obat bersama dengan zat kafein maka akan menyebabkan efek samping dan peningkatan atau penurusan efektivitas.

3. Jus Buah

Jus dari buah-buahan segar memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika Anda meminum jus buah saat sedang mengonsumsi obat. Jus buah tersebut akan menghilangkan khasiat obat yang Anda konsumsi. Hal tersebut juga diamini oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. David Bailey dari Western Ontario University, Kanada, yang menyatakan bahwa jus buah bisa mengganggu ketahanan tubuh dalam menyerap sari obat.

4. Minuman Soda

Minuman bersoda merupakan salah satu minuman yang memiliki efek buruk bagi kesehatan, apalagi Anda meminumnya saat sedang mengonsumsi obat. Ketika Anda minum minuman bersoda, maka minuman tersebut akan membentuk gelembung udara di aliran darah yang menyebabkan aliran darah tersumbat. Gelembung udara tersebut diakibatkan oleh zat kimia yang terkandung dalam minuman soda berkontraksi.