Awas Sesak Nafas Tanda Awal Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Jantung menjadi salah satu organ vital manusia, di mana sistem kerjanya yang memompa seluruh darah di dalam tubuh sehingga menjadikan ini sebagai pusatnya manusia. Hal ini tentu membuat orang berhati-hati menjaga jantungnya, namun untuk sebagian masyarakat golongan menengah ke bawah yang tidak mengerti pentingnya menjaga jantung, sering kali mengabaikan gejala ringan tanda sakit jantung.



Sebenarnya tidak sulit untuk mengenali seseorang apakah mengidap penyakit ini atau tidak, meskipun Anda bukan dokter, penting rasanya untuk tahu penyakit jantung secara mendetail.

Gejala

1. Angina – Adalah rasa nyeri atau ditekan di bagian dada.

2. Aritmia – Adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kondisi berupa gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan palpitasi (denyut jantung yang abnormal).

Angina dan aritmia disebabkan kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen ke otot jantung. Biasanya diikuti oleh gejala lain seperti pusing, letih yang berkepanjangan, mual, berkeringat dingin, dan sesak nafas.

Gejala-gejala tersebut dapat menjadi peringatan awal akan resiko serangan jantung. Sayangnya, mereka yang mengalami gejala-gejala tersebut sering kali menganggapnya sebagai masuk angin biasa, inilah yang sering membuat pertolongan pertama menjadi terlambat dan sangat merugikan akibatnya, mengapa?

Ketika serangan jantung (myocardial infarction) berlangsung, otot-otot jantung akan mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Dan tidak seperti jaringan yang lain, otot jantung tidak dapat mengalami regenerasi.

Karena itu semakin lama serangannya dan tidak segera ditangani, maka semakin banyak juga kerusakan permanen pada otot-otot jantung dan bahkan jika terus dibiarkan dapat mengalami kematian.

Tindakan untuk mengatasi sakit jantung

Tidak perlu khawatir dan bersikap paranoid; ini malahan akan membuat penyakit semakin kuat. Caranya mari lawan dengan menerapkan pola hidup sehat, jagalah diri anda sendiri, mulai dari kontrol mood dan juga emosi. Semakin tenang anda, maka bisa jadi virus pemicu serangan jantung akan melemah dan menghilang dengan sendirinya. Tanda tanda sakit jantung lain adalah melemahnya kekuatan tubuh, karena terjadi kerusakan otomatis akan banyak tenaga yang tidak bisa diserap tubuh, maka penderita akan semakin lemas dan lemah, ini bisa diminimalisir dengan banyak melakukan gerakan sehingga akan memaksa tubuh kembali normal dengan sendirinya.

Baca Juga:  Prolaps Katup Mitral rawan dialami wanita kurus dan sedang hamil

Beberapa gejala awal tanda sakit jantung ini memang berbeda pada setiap penderita, ada yang mengalami gejala ringan dan langsung memeriksakan, namun ada pula yang harus dibawa ke rumah sakit dalam keadaan serangan jantung. Ini terjadi karena penderita sendiri mengacuhkan alarm yang di kirimkan oleh tubuh, tanpa banyak respon tetap melakukan aktifitas harian, saat drop dan menyita banyak tenaga. Bisa jadi pasien penyakit jantung akan mengalami serangan saat imun tubuh sedang buruk dan akan menjadi sangat buruk jika tidak langsung mendapatkan penanganan secara tepat, dimana jantung kini menjadi pembunuh nomor 1 di dunia.

BACA JUGA : 4 Hal Yang Penting Untuk Hidup Sehat