Awas, Sering Memakai Ponsel Bisa Membuat Leher Berkeriput

DokterSehat.Com – Ponsel pintar atau smartphone kini telah menjadi benda yang hampir tidak bisa dilepaskan oleh banyak orang. Dengan adanya ponsel ini, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat dari cepatnya mendapatkan informasi, mudahnya menghubungi orang lain, atau bermain sosial media dan berbagai games di dalamnya. Sayangnya, dibalik segala kemudahan dan keasyikan yang ditawarkan oleh ponsel pintar, ada banyak sekali dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.

doktersehat-main-hp-handphone-leher-keriput

Pakar kesehatan sudah berkali-kali menyebutkan betapa berbahayanya radiasi dari ponsel pintar ini bagi kesehatan tubuh andai digunakan secara berlebihan Tak hanya itu, radiasi dari ponsel pintar ternyata juga bisa membuat masalah pada kecantikan kulit. Menurut pakar kesehatan, jika kita menggunakan ponsel pintar terlalu sering, maka dikhawatirkan leher kita lebih mudah mengalami munculnya garis-garis halus atau keriput.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan kita dalam menggunakan ponsel inilah mampu membuat leher kita lebih mudah berkeriput. Banyak dari kita yang menggunakan ponsel dengan menundukan kepala sehingga bagian leher pun cenderung lebih sering tertekuk. Semakin sering kita melakukan gerakan ini saat menggunakan ponsel, maka semakin cepat pula terbentuknya garis-garis halus dan juga munculnya keriput pada leher.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya memang kita menggunakan ponsel dengan cara menyejajarkannya dengan mata kita saat kepala dalam posisi tegak. Tak hanya itu, ada baiknya kita juga mulai mengurangi penggunaan ponsel yang berlebihan. Memang, kita bisa dengan mudah menggunakan ponsel pintar untuk bermain sosial media atau bahkan chatting dengan orang lain hingga berjam-jam lamanya. Namun, demi mencegah berbagai masalah kesehatan sekaligus menurunkan resiko terkena penuaan dini pada leher, ada baiknya memang kita mulai mengurangi penggunaannya.