Awas Sepatu Yang Tidak Sesuai Bentuk Kaki Bisa Menyebabkan Peradangan

DokterSehat.Com – Sepatu adalah sebuah peralatan yang akan melindungi kaki saat dipakai untuk berjalan atau melakukan aktifitas lain. Dengan adanya sepatu, kita tidak akan khawatir akan mudah terpeleset atau menginjak berbagai kotoran dan benda-benda yang bisa melukai kaki. Memilih sepatu seharusnya menjadi hal yang mudah mengingat kita tinggal mencari sepatu yang nyaman untuk dipakai dan sesuai dengan selera kita. Sayangnya, ada beberapa orang yang memilih sepatu berdasarkan trend dan akan kurang pas bagi kakinya. Pemilihan sepatu yang kurang pas ternyata bisa memicu efek kesehatan yang kurang baik.

doktersehat-wanita-heels-sepatu-hak-tinggi-shopping-belanja-kanker

Banyak wanita yang memilih sepatu dengan hak tinggi karena bisa memberikan tampilan yang cantik dan seksi saat berdiri maupun berjalan. Sayangnya, dibalik kecantikan sepatu hak tinggi ini ternyata ada efek buruk bagi kesehatan jika sering-sering dipakai. Saat memakai sepatu hak tinggi, tanpa kita sadari lutut kita akan cenderung sedikit tertekuk sehingga beban tubuh pun akan berfokus pada paha atau lutut, bukannya di telapak kaki. Tekanan pada lutut pun akan meningkat hingga dua kali lipat dari normal dan membuat anda pun beresiko terkena radang sendi. Selain itu, tulang punggung juga bisa mengalami ketidakseimbangan sehingga beresiko terkena nyeri dan kerusakan saraf.

Jika kita memilih sepatu dengan ukuran atau model yang kurang pas bagi kaki, maka kulit jari-jari akan lebih sering bergesekan sehingga akan membuat kulit kaki lebih tebal. Gesekan ini bisa memicu kapalan yang tentu akan kurang nyaman di bagian kaki. Selain itu, ukuran dan bentuk sepatu yang tidak pas dengan kaki ternyata juga bisa membuat kuku kaki rusak. Kuku kaki bisa saja terkena tekanan yang sangat tinggi sehingga tidak bisa tumbuh keluar dan yang terjadi justru akan tumbuh ke bagian dalam dan menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga:  Di Amerika Sedang Mewabah Kutu Rambut Berjenis Super!

Sepatu yang kurang pas bagi kaki juga akan membuat peradangan. Biasanya, sepatu yang memiliki bentuk sol kurang baik akan memicu peradangan dan akhirnya sel-sel tubuh pun membetuk sejenis tulang baru yang berada di sekitar tumit. Kondisi ini sering kali disebut sebagai hell spur dan bisa memicu rasa sakit dan pembengkakan pada engkel kaki.