Awas, Sarapan yang Tidak Benar Bisa Memicu Masalah Berat Badan

DokterSehat.Com – Melakukan sarapan pagi adalah salah satu saran yang paling sering kita dapatkan jika ingin menurunkan berat badan. Memang, dengan melakukan sarapan, kita akan mampu menahan diri untuk tidak mengkonsumsi camilan tidak sehat sebelum jam makan siang. Tak hanya itu, sarapan juga memberikan energy yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktifitas seharian. Sayangnya, kita juga harus memperhatikan apakah sarapan kita sudah benar atau tidak. Alih-alih sehat, jika kita asal melakukan sarapan, yang terjadi justru kita mendapatkan masalah berat badan.

doktersehat-sarapan-sehat-pagi

Banyak dari kita yang sarapan dengan pola pikir “asal kenyang”. Alhasil, kita akan terlalu mengandalkan makanan dengan jumlah karbohidrat tinggi dan tidak memperhatikan asupan lain yang sehat. Tentu banyak dari kita yang sering mengandalkan nasi dengan porsi yang cukup besar dan hanya dikombinasikan dengan lauk layaknya telur, bukan? Tak hanya itu, banyak orang yang bahkan hanya mengkonsumsi roti di pagi hari. Hal ini ternyata kurang baik bagi program diet kita. Sarapan juga sebaiknya dilengkapi dengan asupan gizi yang seimbang. Jangan pernah lupakan konsumsi buah-buahan dan sayuran untuk mengimbangi jumlah karbohidrat dan protein saat sarapan. Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita mengkonsumsi satu porsi sayuran atau buah setiap kali sarapan pagi.

Kesalahan berikutnya yang kerap kita lakukan saat sarapan pagi adalah dengan mengkonsumsi sarapan terlalu sedikit. Beberapa orang beralasan jika perut mereka belum siap untuk makan banyak di pagi hari. Padahal, jika kita mengkonsumsi cukup banyak sarapan, kita akan cenderung mengkonsumsi lebih sedikit porsi makan malam, dan hal ini bisa berimbas pada penurunan berat badan, bukan? Andai kita memang sulit untuk makan banyak di pagi hari, cobalah untuk mengkonsumsi yoghurt dan kacang-kacangan yang bisa menahan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga:  Jamur Kuku, Bercak Putih atau Kuning Pada Kuku

Satu hal yang pasti, jangan pernah lewatkan waktu sarapan. Jika kita melakukan hal ini, otak justru akan lebih mudah merasa lapar sebelum jam makan siang dan menginginkan makanan yang manis dan kaya karbohidrat. Alhasil, kita pun akan jauh lebih mudah mengalami masalah berat badan.