Awas, Sakit Gigi Bisa Berujung Menjadi Kanker

DokterSehat.Com – Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang sangat menyiksa banyak orang. Bagaimana tidak, rasa sakit pada gigi bisa berlanjut hingga ke ujung kepala dan bahkan mempengaruhi mood seseorang dalam waktu yang lama. Selain bisa menimbulkan rasa sakit, sakit gigi ternyata juga bisa berimbas pada masalah kesehatan yang jauh lebih serius. Tak hanya tentang masalah karies gigi atau gigi berlubang, pakar kesehatan menyebutkan jika ada dampak negatif dari penyakit ini karena jika gigi yang berlubang mengalami infeksi, dikhawatirkan bisa berlanjut menjadi penyakit pada jantung, atau peningkatan resiko terkena penyakit pada otak, stroke, hingga gangguan pernafasan.

doktersehat-sakit-gigi-pipi-wanita

Pakar kesehatan gigi dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Royal Dental Hospital bernama drg Johanes Hendri, SpBm. Mkes, menyebutkan jika masyarakat harus mewaspadai sakit gigi karena juga beresiko menyebabkan penyakit berbahaya lainnya, khususnya kanker. Menurut beliau, ada kemungkinan besar masalah gigi yang kompleks akan berimbas pada munculnya kanker mulut. Selain itu, ada kemungkinan besar penderita gigi berlubang dengan usia 25 hingga 54 tahun akan meningkatkan resiko terkena stroke hingga 50 persen dan menjadi tanda bahwa kita mengalami diabetes.

Drg Hendri menyebutkan jika masalah gigi yang berpotensi menyebabkan kanker mulut biasanya bisa dideteksi dengan ronsen dimana jika masalah gigi ini juga menimbulkan benjolan pada rahang, ada kemungkinan besar benjolan tersebut adalah tumor yang akan berlanjut menjadi kanker. Sebagaimana diketahui, kanker bisa menyerang berbagai jaringan lunak dan keras pada tubuh yang bisa merusaknya dengan cepat.

Untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi, drg Hendri menyarankan kita untuk lebih baik dalam menjaga kesehatan gigi, khususnya dalam membersihkan gigi dari sisa makanan yang bisa membuat bakteri semakin mudah mengikis email gigi dan membuat masalah gigi berlubang yang bisa memicu kanker di kemudian hari.