Awas, Pria Dengan Perut Buncit Beresiko Terkena Penyakit Berikut

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika pria yang memiliki perut buncit adalah hal yang sanga wajar, apalagi jika pria tersebut sudah berusia lebih dari 30 tahunan. Sayangnya, bagi pakar kesehatan, pria dengan perut yang buncit menandakan jika tubuhnya berada dalam kondisi yang sangat tidak sehat. Banyaknya lemak pada perut ini bahkan dianggap bisa memberikan tanda bahaya bagi pria karena adanya resiko yang meningkat pada beberapa masalah kesehatan. Apa sajakah dampak kesehatan yang bisa didapatkan jika pria memiliki perut yang membuncit?

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas-sindrom-metabolik

Pakar kesehatan menyebutkan jika pria dengan perut buncit akan cenderung memiliki resiko tinggi terkena penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini sangatlah berbahaya karena selain bisa menurunkan kualitas kehidupan seseorang karena amputasi pada beberapa bagian tubuh, ada resiko tambahan berupa komplikasi penyakit layaknya penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, hingga gangguan seksual berupa impotensi yang tentu bisa berdampak buruk bagi keharmonisan rumah tangga.

Pria dengan perut yang cenderung membuncit juga memiliki resiko besar terkena penyakit kanker kolorektal, yakni sebuah kanker yang ditemukan pada organ usus besar. Tercatat, data dari WHO bahkan menunjukkan jika penyakit kanker kolorektal ini menjadi pemicu kematian bagi 608.000 orang setiap tahunnya di seluruh dunia. Hampir semua penderita kanker kolorektal ini cenderung memiliki perut yang kaya akan kandungan lemak.

Masalah terakhir yang beresiko didapatkan oleh pria dengan perut buncit adalah gangguan tidur yang parah. Meskipun terlihat sepele, gangguan tidur bisa berimbas buruk pada gangguan kesehatan tingkat lanjut yang jauh lebih berbahaya. Tak hanya terganggunya sistem metabolisme tubuh, mereka yang mengalami gangguan tidur bisa mengalami masalah kurang darah, cenderung mudah lelah, dan adanya peningkatan resiko terkena penyakit berbahaya. Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya memang pria lebih baik dalam menjaga kondisi tubuhnya agar tidak memiliki perut membuncit, bukan?