Awas, Polusi Udara di Dalam Rumah Tak Lebih Aman Dari Polusi di Jalan Raya

DokterSehat.Com – Mendengar kata polusi udara, maka kita tentu akan membayangkan gas buang dari kendaraan bermotor atau bahkan yang berasal dari pabrik-pabrik. Tak hanya akan membuat pernafasan kita menjadi kurang nyaman, polusi udara juga diyakini mengandung banyak sekali radikal bebas yang bisa menurunkan tingkat kesehatan tubuh kita. Sayangnya, banyak orang yang berpikir jika polusi udara hanya akan mereka dapatkan di jalanan saja, padahal, polusi udara di dalam rumah juga harus diwaspadai karena juga akan sangat kurang baik bagi kesehatan tubuh.

dotersehat-kamar-tidur-alergi

Pakar kesehatan dr. Adalena Anwar menyebutkan jika tanpa kita sadari, udara di dalam rumah yang sebelumnya kita pikir aman ternyata kaya akan berbagai partikel jahat dengan ukuran yang sangat kecil. Tak hanya di dapur yang kerap kali memproduksi asap saat memasak, area layaknya kamar tidur hingga ruang tamu atau ruang keluarga juga tidak terbebas dari polusi udara.

Dr. Anwar menyebutkan jika andaipun kita kerap membuka jendela dan pintu rumah agar udara di dalam rumah bisa tergantikan, namun, udara yang kotor di dalam rumah terkadang sulit untuk keluar sehingga kita pun harus mengkonsumsi udara yang kurang bersih di dalam rumah. Penggunaan AC untuk mendapatkan udara yang dingin juga akan membuat masalah lebih besar mengingat udara hanya akan berputar-putar di dalam rumah saja tanpa adanya pergantian.

Karena alasan inilah, pakar kesehatan menyarankan setiap orang untuk lebih baik dalam menjaga kebersihan rumah. Jangan biarkan rumah terkena debu atau bahkan terlalu banyak kotoran. Jika diperlukan, kita juga bisa memakai peralatan layaknya alat penyaring udara otomatis yang akan lebih baik dalam menjaga kondisi udara di dalam rumah dalam kondisi yang sehat dan nyaman untuk dihirup setiap saat.