Awas, Pikiran Negatif Bisa Menular!

DokterSehat.com – Lingkungan memiliki peran penting dalam mempengaruhi sikap dan cara seseorang menilai sesuatu. Karena itulah penting sekali untuk memilih lingkungan pertemanan.



Sebuah studi menemukan bahwa cara orang sekitar menyikapi peristiwa yang buruk, baik postif maupun negatif, dapat menular. Terutama pada seseorang yang sedang dalam masa transisi, misalnya dari usia remaja ke dewasa. Pada masa ini seseorang akan lebih mudah dipengaruhi oleh cara berpikir orang sekitarnya.

Studi yang dimuat dalam jurnal Clinical Psychological Science tersebut juga menyatakan bahwa pikiran negatif akan meningkatkan risiko mengalami depresi.

Penelitian ini menganalisa 103 pasang mahasiswa baru yang tinggal di kamar yang sama. Pada usia tersebut, mereka cenderung mudah tertular pikiran negatif atau disebut juga dengan kerentanan kognitif.

Hasil studi menemukan bahwa mereka yang kerentanan kognitifnya tinggi akan lebih berisiko mengalami peningkatan risiko depresi. Para peneliti menemukan kerentanan kognitif yang dialami para partisipan dipengaruhi oleh teman sekamarnya.

Dalam studi ini, teman sekamar dipilih secara acak, bukan dipilih sendiri oleh mahasiswa. Penularan ini bisa terjadi setelah mahasiswa tinggal tiga bulan dalam satu kamar.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengalami kerentanan kognitif selama tiga bulan, juga mengalami peningkatan gejala depresi hampir dua kali lipat ketimbang mahasiswa yang tidak mengalami kerentanan kognitif.

Selain lingkungan, para peneliti mencatat ada faktor lain yang mempengaruhi kerentanan kognitif, yaitu faktor genetika dan biologis.