Awas, Perut Buncit Memicu Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Bukan hanya membuat tampilan tubuh menjadi sangat tidak karuan, perut yang buncit ternyata bisa memberikan kerugian besar bagi kesehatan tubuh. Tercatat, pakar kesehatan telah melakukan berbagai penelitian dan menemukan fakta dimana ada kaitan erat antara perut buncit dengan berbagai penyakit kronis. Salah satunya adalah dari penelitian terkini yang dilakukan oleh Texas University dimana mereka yang memiliki perut yang buncit akan cenderung lebih beresiko terkena masalah hipertensi jika dibandingkan dengan mereka yang meskipun memiliki indeks massa tubuh yang relatif setara, namun tidak memiliki tumpukan lemak di perut.

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Memang, pakar kesehatan masih belum benar-benar menemukan fakta mengapa penumpukan lemak pada area perut memiliki dampak kesehatan yang jauh lebih buruk jika dibandingkan dengan penumpukan lemak dari bagian lain. Namun, ditengarai penumpukan lemak pada perut memiliki peran besar dalam menyelimuti beberapa organ tubuh yang penting layaknya ginjal, hati, kelenjar adrenal, dan lain sebagainya. Banyaknya kandungan lemak dalam perut akan membuat fungsi dari organ-organ penting ini terganggu dan pada akhirnya memicu masalah hipertensi.

Sudah menjadi rahasia umum jika masalah hipertensi yang dibiarkan begitu saja bisa berdampak pada penyakit jantung yang jauh lebih serius. Hal ini juga didukung oleh banyak hasil penelitian lain yang menunjukkan fakta dimana perut buncit memiliki kaitan erat dengan berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, stroke, diabetes, atau bahkan masalah seksual disfungsi ereksi.

Dengan adanya hal ini, ada baiknya kita yang memiliki perut buncit memang harus segera melakukan program pengecilan perut atau penurunan berat badan. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika lemak pada bagian perut cenderung lebih mudah dibakar dengan cara olahraga rutin dan menjaga pola makan yang sehat. Dengan melakukan hal ini, resiko untuk mendapatkan berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung atau bahkan diabetes pun bisa ditekan dengan signifikan.