Awas, Penglihatan Kabur Bisa Jadi Karena Penyakit Mata Berikut

DokterSehat.Com – Penggunaan gadget dan peralatan berteknologi yang sangat masif belakangan ini oleh masyarakat ditengarai mampu meningkatkan masalah penglihatan kabur dengan signifikan. Pandangan yang kabur ini bisa terjadi pada salah satu mata atau bahkan kedua mata sekaligus. Sebagai contoh, kadangkala setelah menatap layar komputer terlalu lama, pandangan mata kita mendadak menurun dan menjadi tidak fokus atau kabur. Kadangkala, kaburnya penglihatan ini terjadi sementara. Namun, jika kaburnya penglihatan ini terjadi dalam waktu yang lama, bisa jadi kita ternyata mengalami beberapa penyakit mata sebagai berikut.

doktersehat-penglihatan-mata-kabur-miopi

Miopi atau rabun jauh sudah cukup banyak menyerang berbagai kalangan, khususnya anak muda, dalam beberapa tahun terakhir. Selain karena posisi baca yang salah, penggunaan gadget ditengarai memicu meningkatnya penderita miopi atau yang lebih terkenal juga disebut sebagai mata minus. Miopi sendiri bisa membuat kita sulit melihat benda dadi jarak yang jauh dengan jelas. Biasanya, diagnosa miopi bisa terjadi saat seseorang berusia 8 hingga 12 tahun dan untungnya masih bisa ditangani dengan pemakaian kacamata atau bahkan dengan bedah refraktif.

Katarak ternyata juga bisa menjadi penyebab kaburnya penglihatan. Katarak sendiri adalah kondisi dimana lensa mata menjadi lebih keruh dan akhirnya secara perlahan penglihatan pun menjadi kabur. Bagi para penderita katarak, ada baiknya segera melakukan operasi untuk menyembuhkan kembali penglihatannya.

Glaukoma juga bisa menjadi penyebab semakin kaburnya penglihatan. Yang mengerikan dari penyakit mata ini adalah ada kemungkinan saraf optik mengalami kerusakan dan pada akhirnya memicu kebutaan. Biasanya, penderita glaukoma akan mengalami penurunan penglihatan dan pada akhirnya ada sudut matanya yang kehilangan penglihatan dan lama-kelamaan bertambah hingga benar-benar kehilangan kemampuan melihat dengan keseluruhan.

Baca Juga:  Ketahui Efek Buruk Kurang Tidur

Selain karena penyakit-penyakit ini, bisa jadi kaburnya penglihatan disebabkan oleh diabetes, stroke ringan, anemia, migrain, hingga masalah aneurisme pada otak. Satu hal yang pasti, jangan sepelekan kaburnya penglihatan dan segera periksakan ke dokter jika masalah ini berlangsung cukup lama.