Awas, Mengupil Dengan Jari Ternyata Berbahaya

DokterSehat.Com – Mengupil adalah hal yang cukup wajar dilakukan oleh semua orang di dunia ini. Seringkali kita mengupil karena di dalam lubang hidung kita merasa gatal atau penuh dengan kotoran dan dengan membersihkan lubang hidung dengan jari, kotoran dan rasa gatal tersebut bisa berkurang sekaligus memberikan sensasi yang sangat nikmat pada hidung kita. Sayangnya, dibalik kenikmatan dari membersihkan lubang hidung dengan jari ini, ada bahaya yang mengintai kesehatan tubuh kita.

doktersehat-anak-kecil-ngupil-mengupil-berbahaya

Pakar kesehatan Erich Voigt menyebutkan jika mengupil atau membersihkan lubang hidung dengan jari akan membuat area dalam hidung lebih mudah terpapar oleh kuman atau bakteri. Bagaimana tidak, dekat dengan ujung dari lubang hidung, telah ada bulu-bulu halus yang menjadi penyaring utama dari berbagai benda yang tidak diharapkan memasuki lubang hidung. Padahal, dengan memakai jari tangan kita untuk membersihkan kotoran di dalam hidung, otomatis fungsi dari bulu halus ini menjadi tidak berguna sama sekali. Seringkali, tangan yang kita pakai untuk mengupil juga kurang bersih sehingga bagian dalam hidung jelas akan terpapar tangan yang tidak steril dan penuh dengan kuman dan bakteri.

Voigt juga menekankan bahayanya mengorek lubang hidung dengan kasar karena bisa membuat bagian dalam hidung mengalami abrasi dan juga pendarahan yang tentu bisa memicu iritasi, apalagi jika kotoran yang kita korek sudah terlanjur keras dan lengket pada kulit bagian dalam lubang hidung. Seringkali, anak-anak mengorek lubang hidungnya terlalu keras karena rasa gatal atau kerasnya kotoran yang ingin mereka keluarkan sehingga hidung mereka pun akan berdarah. Padahal, pada bagian depan hidung terdapat lima buah pembuluh darah arteri yang bisa memicu pendarahan yang sangat kuat dan pada akhirnya memicu mimisan.

Baca Juga:  Banyaknya Tahi Lalat di Kulit Menunjukkan Resiko Kanker Yang Tinggi