Awas, Menggunakan Toilet Umum Bisa Picu Datangnya Keputihan

DokterSehat.Com– Memang benar sebuah anggapan yang mengatakan bahwa vagina adalah organ yang sangat sensitif dari wanita. Pasalnya, organ keintiman ini sangat mudah terjangkit masalah kesehatan walau sudah dijaga dengan berbagai cara. Masalah-masalah yang timbul tersebut sangat cepat datang dan tak mudah dihilangkan.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Anggap saja masalah keputihan dan bau tak sedap. Banyak wanita yang telah merawat vagina semaksimal mungkin, tapi masalah ini tetap muncul, bahkan sangat sulit dihilangkan. Perlu diketahui, menjaga vagina agar tetap sehat tak bisa dari faktor dalam saja, tapi juga harus memperhatikan faktor luar, salah satunya adalah lingkungan.

Dalam kasus ini, faktor lingkungan yang dimaksud adalah fasilitas umum yang sudah pasti dihuni oleh ribuan bahkan jutaan bakteri jahat, misalnya toilet umum. Mengetahui hal tersebut, sudah seharusnya Anda bisa lebih bijak dalam menggunakan fasilitas umum ini. Jika memang rasa ingin buang air tak tertahankan, maka Anda harus pastikan dulu jika toilet yang akan Anda gunakan benar-benar bersih.

Dari hasil penelitian, ditemukan hasil bahwasanya 30 persen masalah keputihan pada wanita disebabkan oleh penggunaan toilet umum. Disebutkan lagi, bakteri penyebab keputihan tersebut tak akan hilang pada satu orang. Artinya, setiap ada orang baru yang masuk ke toilet itu, maka risiko terkena penyakit yang sama akan tinggi juga. Maka dari itu, disarankan untuk selalu membawa perlengkapan pembersih, misalnya tissue atau sabun khusus ketika hendak menggunakan toilet umum.

Dan sesampainya di rumah, cepat-cepatlah basuh area kewanitaan Anda dan mengganti celana dalam. Walau terbilang merepotkan, tapi hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina dari ancaman bakteri yang bisa menyebabkan keputihan. Tentunya Anda tidak ingin usaha Anda selama ini dalam merawat vagina menjadi sia-sia hanya karena terjangkit bakteri di sebuah fasilitas umum.