Awas, Meminum Teh Secara Berlebihan Bisa Memicu Masalah Kesehatan Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu minuman yang paling digemari di seluruh dunia adalah teh. Bagaimana tidak, teh bisa membuat seseorang menghilangkan kepenatan di malam hari setelah berkutat dengan berbagai aktivitas. Teh juga bisa membuat seseorang menjadi lebih segar di pagi hari atau menghangatkan tubuh di kala suhu cukup dingin. Sayangnya, karena sangat menyukai rasanya yang nikmat dan dengan labelnya yang merupakan minuman yang sehat, banyak orang yang mengkonsumsinya secara berlebihan. Jika kita meminum teh secara berlebihan, kita ternyata beresiko tinggi terkena berbagai masalah kesehatan seperti berikut ini.

doktersehat-teh-cengkeh-untuk-diabetes

Susah buang air besar
Banyak orang yang berpikir jika dengan mengkonsumsi teh di pagi hari, maka mereka akan membantu pergerakan usus menjadi lebih lancar dan pada akhirnya membantu kelancaran buang air besar. Sayangnya, jika kita terlalu banyak mengkonsumsi teh, yang terjadi justru sebaliknya. Banyaknya senyawa yang ada dalam teh bisa membuat usus mengalami efek dehidrasi yang parah yang pada akhirnya akan membuat konstipasi atau susah buang air besar.

Gangguan pada organ kardiovaskular
Teh hitam ternyata sangat kurang baik bagi organ kardiovaskular kita, apalagi jika dikonsumsi dengan jumlah yang sangat berlebihan.

Gagal ginjal
Penyakit gagal ginjal yang disebabkan oleh konsumsi teh memang akan sangat jarang terjadi. Namun, baru-baru ini ada sebuah kasus yang terjadi di Amerika Serikat yang disebabkan oleh konsumsi teh secara berlebihan.

Kanker prostat
Terlalu banyak mengkonsumsi teh ternyata bisa meningkatkan resiko terkena kanker prostat 50 persen lebih besar dari sebelumnya.

Mudah gelisah
Teh memiliki kandungan kafein yang memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, jika kita mengkonsumsi teh secara berlebihan, maka kita pun akan mengkonsumsi kafein secara berlebihan pula dan bisa membuat kita mudah gelisah dan bahkan sulit untuk tidur.