Awas, Masalah Lambung Bisa Berlanjut Menjadi Kanker

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menyepelekan masalah naiknya asam lambung dan menganggapnya sebagai hal yang segera bisa diatasi dengan mudah. Padahal, jika tidak diobati dengan benar, asam lambung bisa kerap muncul dan menjadi masalah kesehatan yang menahun. Jika kita kerap merasakan naiknya asam lambung tanpa mengobatinya dengan benar, dikhawatirkan kita akan meimcu kanker kerongkongan yang sangat berbahaya.

doktersehat-lambung-sakit

Pakar kesehatan Ari Fahrial dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan jika asam lambung ternyata bisa berpotensi memberikan masalah ke organ-organ lainnya layaknya paru-paru. Tahukah anda, masalah asma, batuk berkepanjangan, hingga sinusitis juga bisa disebabkan oleh asam lambung?

Naiknya asam lambung atau yang juga disebut sebagai gahstroesophageal reflux disease (GERD) seringkali tidak begitu disadari penyebabnya dan tiba-tiba saja memberikan gejala layaknya sensasi panas dan terbakar pada bagian dada dengan adanya rasa pahit atau sensasi asam pada ujung kerongkongan akibat asam lambung yang sudah naik ke area tersebut. Jika naiknya asam lambung pada kerongkongan ini dibiarkan begitu saja dan sering terjadi, dikhawatirkan area kerongkongan akan mengalami peradangan dan pada akhirnya mengubah lapisan sel esofagus. Jika tidak segera ditangani dengan benar, hal ini bisa memicu kanker kerongkongan.

Dr. Ari menyebutkan jika mereka yang memiliki usia 20 hingga 40 tahunan memiliki resiko besar mengalami masalah GERD ini akibat tingkat stress yang cukup tinggi akibat gaya hidup yang kurang sehat hingga tekanan kerja yang cukup tinggi. Selain itu, jika ditambahkan adanya kebiasaan meminum kopi, merokok, hingga menenggak alkohol, maka resiko terkena GERD pun akan semakin meningkat.

Sebelum menyebabkan masalah kanker kerongkongan, jika kita cukup sering merasakan gejala naiknya asam lambung, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter sehingga bisa didapatkan obat untuk mencegah masalah ini.