Awas, Mandi Setelah Berolahraga Ternyata Berbahaya

DokterSehat.Com – Kegiatan olahraga biasanya akan membuat badan kita bermandikan keringat. Meskipun membuat tubuh menjadi lebih lengket dan bau, bagi banyak orang, keringat yang keluar ini adalah tanda bahwa kita telah melakukan olahraga dengan benar. Karena rasa kulit tidak nyaman dan lengket setelah berolahraga, banyak orang yang kemudian langsung beranjak mandi. Sayangnya, bagi pakar kesehatan hal ini ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita menunggu keringat kita mengering terlebih dahulu sebelum benar-benar mandi. Jika kita segera mandi saat berolahraga, maka kulit kita sebenarnya sedang dalam kondisi pori-pori yang terbuka lebar untuk mengeluarkan keringat dan mengembalikan suhu tubuh ke dalam kondisi normal kembali. Mandi akan mengganggu proses ini dan kita pun beresiko membuat kinerja kelenjar keringat rusak.

Segera mandi setelah berolahraga ternyata juga bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Saat berolahraga, kinerja jantung akan cenderung meningkat dengan tajam untuk memastikan darah terpompa ke seluruh tubuh agar organ-organ mendapatkan suplai oksigen dengan lancar. Jika kita segera mandi, maka banyak mekanisme tubuh yang mengalami shock karena mandi akan memicu penurunan tekanan darah secara drastis. Hal ini ternyata bisa memicu serangan jantung! Selain itu, jika kita mandi dalam kondisi masih berkeringat, maka kita juga bisa memicu penyempitan pembuluh darah. Kita pun akan cenderung mudah merasakan tubuh yang menggigil sebagai akibat dari penyempitan pembuluh darah ini.

Segera mandi setelah berolahraga juga akan meningkatkan resiko terkena sakit kepala, penyakit flu, hingga rematik dan nyeri sendi. Mandi setelah berolahraga ternyata bias membuat sistem imunitas tubuh melemah sehingga akan membuat tubuh kita mudah terserang bakteri dan virus. Selain itu, perubahan suhu tubuh secara drastis akan membuat kita mudah merasakan sakit kepala serta gangguan pada persendian dan tulang.

Baca Juga:  Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Di Pagi Hari

Dengan adanya fakta-fakta ini, tunggulah dahulu hingga keringat kita mengering setelah berolahraga sebelum mandi sehingga kita pun akan terbebas dari masalah-masalah kesehatan tersebut.