Awas, Make-Up yang Mengandung Timbal Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Bagi sebagian besar kaum wanita, make-up adalah peralatan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Bagaimana tidak, tanpa adanya make-up, wanita pun tidak akan bisa mendapatkan riasan yang akan membuat tampilan wajah mereka menjadi lebih cantik. Sayangnya, dibalik manfaat make-up bagi kecantikan wanita, belakangan ini otoritas kesehatan dari Amerika Serikat sedang menyoroti penggunaan timbal pada sebagian make-up. Kandungan timbal ini ternyata diyakini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Apa sajakah dampak buruk tersebut?

doktersehat-wanita-muka-kecantikan-maskara-make-up

Tanpa kita sadari, kandungan timbal ini ternyata cukup banyak ditemukan pada peralatan make-up layaknya lipstick, lipgloss, lipliner, bedak tabur, shampoo, atau bahkan body lotion. Food and Drugs Administration, Badan Pengawas Obat dan Makanan dari Amerika Serikat, belakangan ini bahkan mengeluarkan peraturan baru yang membatasi jumlah kadar logam timbal pada peralatan make-up tersebut karena dianggap sangat berbahaya bagi kesehatan. Di dalam peraturan ini, diketahui bahwa kadar timbal logam di dalam kosmetik seharusnya tidak boleh melebihi 10 mg.

Enviromental Protection Agency, badan perlindungan lingkungan Amerika Serikat, bahkan ikut mengeluarkan pendapat tentang adanya kandungan timbal pada produk make-up yang banyak beredar di pasaran. Menurut perwakilan dari organisasi ini, timbal memang bisa memberikan manfaat namun juga bisa menjadi racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia maupun hewan. Tak tanggung-tanggung, menurut pakar kesehatan, andai produk make-up memiliki kandungan timbal yang berlebihan, maka mereka pun akan meningkatkan resiko terkena masalah pada organ kardiovaskular, masalah kesehatan ginjal, hingga meningkatkan resiko kelahiran prematur dan masalah pertumbuhan janin andai digunakan oleh ibu hamil.

Melihat tingginya dampak kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh timbal, ada baiknya kini kita lebih waspada dengan cara selalu mengecek bahan pembuatan produk make-up yang kita gunakan. Andai produk make-up terbuat dari bahan alami, maka make-up ini akan jauh lebih aman untuk digunakan.