Awas, Make Up Anda Berbahaya!

DokterSehat.Com – Makeup memang mempercantik wajah dengan pulasan dan teknik tertentu yang membuat wajah jadi lebih seimbang. Apabila mata kurang lebar, bisa segera dipulaskan eyeliner dan maskara yang membuat lebih lebar dan tampak segar. Apabila kulit tampak terlalu pucat, tinggal memulaskan blush on. Sebagian besar kekurangan dalam penampilan dapat diatasi dengan makeup.



Namun tahukah Anda, ternyata make up juga membawa dampak yang kurang baik lho untuk kesehatan. Dikutip dari AllWomenStalk, ini dia beberapa bahaya kosmetik yang wajib Anda tahu.

Tidak jarang kosmetika yang Anda gunakan menimbulkan iritasi kulit. Dampak tercepat adalah munculnya rasa gatal, memerah, dan muncul bintik-bintik kecil. Jika Anda mengalaminya, segera hentikan pemakaian dan beralihlah ke bahan alami.

Mata Merah dan Gatal

Biasanya kondisi ini terjadi karena reaksi alergi bahan kosmetika yang digunakan di sekitar mata. Misalnya saja, pemakaian eyeshadow, eyeliner, atau maskara. Bisa juga ini terjadi karena Anda jarang membersihkan make up, sehingga memicu munculnya masalah ini.

Kulit Makin Kusam

Tidak sedikit wanita yang memiliki kulit kusam karena menggunakan produk kosmetik dalam jangka panjang. Ini terjadi karena ada bahan yang sebenarnya tidak cocok digunakan, namun terus dipaksakan pemakaiannya pada kulit.

Sakit Kepala

Eits, jangan remehkan kosmetika yang Anda gunakan lho, Moms. Ada sejumlah make up yang mengandung merkuri dan bisa membuat Anda merasa pusing. Apalagi jika sampai tertelan, makin besar resikonya menimbulkan masalah kesehatan.