Awas, Makanan Yang Dibungkus Aluminium Foil Ternyata Kurang Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Untuk mendapatkan hasil masakan yang maksimal, banyak orang yang membungkus makanan dengan aluminium saat memakai oven. Hal ini bahkan banyak dilakukan oleh chef-chef terkenal dengan tujuan serupa, hasil masakan yang baik. Sayangnya, dibalik rasa yang mantap dan tampilan makanan yang menarik, penggunaan aluminium foil ini ternyata dianggap sangat tidak baik untuk kesehatan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-makan-bungkus-alumimium-foil

Pakar kesehatan menyebutkan jika aluminium foil yang membungkus makanan saat dimasak dalam suhu tinggi di dalam oven ternyata mampu terlarut ke dalam makanan. Hal ini tentu membuat makanan berpotensi memiliki kandungan yang berbahaya bagi kesehatan, apalagi jika makanan tersebut ternyata makanan yang pedas, makanan asam, hingga yang dimasak dalam suhu yang sangat tinggi. Jika kita kerap mengkonsumsi makanan yang dibungkus oleh aluminium foil ini, dikhawatirkan kita akan meningkatkan resiko terkena penyakit alzheimer, pertumbuhan sel otak yang semakin melambat, hingga masalah besar bagi mereka yang sebelumnya sudah memiliki gangguan pada organ ginjal dan juga tulang.

Karena kandungan aluminum ini dianggap berbahaya, banyak pakar yang kemudian melanjutkan penelitian ini pada peralatan memasak yang terbuat dari bahan aluminium. Untungnya, peralatan memasak ini dianggap masih aman untuk dipakai karena telah dilapisi dan aluminum ini cenderung sudah dioksidasi sehingga akan sulit ikut terlarut dalam makanan sebagaimana lapisan aluminium foil. Hanya saja, untuk menjaganya tetap aman, peralatan memasak ini sebaiknya tidak digosok terlalu keras saat dicuci dan saat baru pertama kali dipakai, ada baiknya tidak langsung dipakai untuk memasak air hingga mendidih sehingga lapisan pelindung ini tetap kuat untuk menghindari penipisan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga:  Mengapa Terkadang Berhubungan Intim Bisa Membuat Rasa Sakit Bagi Wanita?

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita mulai mengurangi penggunaan aluminium foil sebagai salah satu peralatan yang dipakai saat memasak makanan demi kesehatan tubuh kita.