Awas, Makanan-Makanan Ini Bisa Membuat Gigi Kita Menguning

DokterSehat.Com – Meskipun tidak selalu menandakan kondisi gigi yang sehat, semua orang tentu mengharapkan giginya dalam kondisi yang putih sehingga bisa membuat kita lebih percaya diri untuk tersenyum dan berbicara dengan orang lain. Untuk mendapatkannya, kita tentu harus melakukan sikat gigi setidaknya dua kali sehari secara teratur. Selain itu ada baiknya kita juga menghindari beberapa jenis makanan yang beresiko tinggi membuat gigi kita menguning seperti sebagai berikut.

doktersehat-gigi-Periodontitis

Kopi
Salah satu minuman yang paling digemari oleh banyak orang karena kemampuannya membuat kita seakan-akan mendapatkan energi tambahan untuk beraktivitas. Sayangnya, kopi mampu membuat gigi kita menjadi lebih kuning akibat adanya kandungan kafein di dalamnya. Kafein ternyata mudah menempel pada gigi dan menyebabkan noda yang memicu gigi kita kekuningan. Andai kita adalah pecinta kopi, segeralah untuk berkumur-kumur dengan air putih atau menyikat gigi setelah mengkonsumsinya agar gigi tidak mudah menguning.

Saus tomat
Saus tomat ternyata memiliki kandungan zat asam yang cukup tinggi dan hal ini bisa menyebabkan gigi kita semakin menguning. Selain itu,saus tomat juga kerap kali memiliki kandungan pewarna makanan yang bisa membuat noda pada gigi kita.

Cuka
Cuka banyak ditambahkan makanan sebagai penambah rasa pada salad atau makanan lainnya. Sayangnya, cuka memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga bisa membuat gigi menjadi menguning, mudah terasa ngilu, dan keropos.

Acar
Acar juga termasuk dalam makanan yang kaya akan zat asam yang bisa merusak pelindung gigi dan meninggalkan noda pada gigi sehingga membuatnya menjadi lebih kuning.

Minuman rasa buah-buahan
Minuman rasa buah-buahan kaya akan zat pewarna dan perasa yang kurang sehat dan bisa meninggalkan noda pada gigi. Selain membuat gigi menjadi kekuningan, minuman rasa buah kemasan juga akan membuat masalah kesehatan lain layaknya gigi keropos dan berlubang.