Awas, Makanan-Makanan Berikut Bisa Meningkatkan Asam Lambung

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman adalah saat asam lambung meningkat dalam tubuh. Bagaimana tidak, naiknya asam lambung ini bisa membuat perut semakin terasa perih sehingga akan mengganggu aktifitas harian kita. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika ada beberapa penyebab dari naiknya asam lambung, yakni stress dan pola makan. Beberapa makanan ternyata memang memiliki kemampuan meningkatkan kadar asam lambung dengan signifikan sehingga sebaiknya tidak kita konsumsi secara berlebihan. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?



Susu dan produk turunannya
Pakar kesehatan menyebutkan jika susu dan produk olahannya layaknya keju dan yoghurt ternyata memang mampu meningkatkan kadar asam lambung dengan signifikan. Memang tidak setiap orang mengalami masalah kesehatan ini setelah mengkonsumsi susu. Namun, biasanya, 40 hingga 90 menit setelah mengkonsumsi susu ini kita bisa mengalami masalah naiknya asam lambung yang tidak nyaman.

Makanan yang kaya pati dan serat
Makanan berserat memang bisa memberikan manfaat bagi kelancaran proses pencernaan tubuh. Namun, makanan berserat layaknya sayuran kacang dan kangkung, serta buah-buahan yang terasa asam juga bisa memicu kenaikan asam lambung. Selain itu, makanan yang mengandung pati layaknya gandum, roti, dan juga kentang juga bisa meningkatkan produksi asam lambung dengan signifikan.

Makanan berlemak
Makanan yang kaya lemak dan bersantan sudah dikenal luas mampu meningkatkan kadar asam lambung dalam tubuh. Selain itu, permen dan makanan yang diklaim bebas gula juga bisa menyebabkan masalah kesehatan ini.

Beberapa jenis makanan yang rendah kalori
Makanan yang rendah kalori layaknya jamur, brokoli, buah pir, apel, asparagus, dan kacang-kacangan ternyata cenderung sulit untuk dicerna sehingga bisa meningkatkan produksi gas pada lambung. Sayangnya, hal ini juga bisa memicu peningkatan asam lambung dengan signifikan.