Awas, Makan Pisang Saat Perut Kosong Bisa Sebabkan Penyakit ini!

DokterSehat.Com– Pisang merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Sampai saat ini, banyak yang meyakini jika pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan karbohidrat. Maka tak heran jika banyak orang yang menggunakan pisang sebagai pengganti nasi. Khususnya bagi yang melakukan program diet, mereka akan lebih rutin mengonsumsi pisang, sebab bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama.

buah-pisang-doktersehat

Photo Credit: pexels.com

Hal tersebut dikarenakan pisang memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, maka dengan mengonsumsinya di pagi hari (sarapan) maka bisa menyuplai energi pada tubuh untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Selain itu, pisang juga memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Misalnya, untuk perawatan kulit dan kecantikan, sehingga banyak terapi yang menggunakan buah ini sebagai metode bahan dasarnya.

Tapi, ternyata dibalik segudang manfaat tersebut, pisang juga memiliki efek negatif jika Anda salah mengonsumsinya. Dilansir dari laman Boldsky, pisang adalah makanan yang kaya memiliki kandungan kalium serta magnesium tinggi. Kedua kandungan tersebut bisa sangat mempengaruhi keseimbangan hormon jika dikonsumsi ketika perut kosong. Saat hormon terganggu, maka akan terjadi gangguan-gangguan yang cukup mengkhawatirkan. Maka dari itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi pisang dalam keadaan perut kosong.

Pasalnya, banyak orang yang memiliki kebiasaan menggunakan pisang sebagai makan pagi atau sarapan. Bukannya memberikan manfaat, justru akan memberikan ketidakstabilan hormon di dalam tubuh Anda. Yang lebih serius lagi, pisang akan membuat asam lambung Anda menjadi tinggi sehingga kemungkinan penyakit lambung akan semakin besar.

Dalam penelitian lain mengatakan jika seseorang sering mengonsumsi pisang ketika perut kosong, maka seseorang tersebut lebih berisiko terkena penyakit kardiovaskular yang disebabkan jumlah magnesium akan mengacaukan produksi hormon. Maka dari itu, ada baiknya kebiasaan tersebut Anda kurangi. Konsumsilah makanan yang tepat di pagi hari agar kesehatan Anda tetap terjaga.