Awas, Leher Bisa Sakit Jika Kita Sering Melakukan Hal Ini

DokterSehat.Com – Salah satu bagian tubuh yang cukup sering mengalami rasa nyeri adalah bagian leher. Sebuah portal berita bahkan menyebutkan jika setidaknya 67 persen orang di seluruh dunia akan mengakui jika mereka pernah mengalami sakit leher. Seringkali sakit leher ini disebabkan karena kebiasaan sehari-hari kita yang kurang baik dan tidak memperhatikan tekanan pada leher. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang sebaiknya kita hindari agar tidak mudah terkena rasa sakit pada leher.

doktersehat-leher-sakit-Spondilitis-Ankilosa

Kebiasaan pertama dan paling umum bagi yang merasakan sakit leher adalah membungkuk. Beberapa orang memang memiliki kecenderungan untuk berdiri, duduk, atau bahkan berjalan dengan membungkuk. Selain itu, orang yang memiliki hobi membaca juga akan cenderung lebih sering membungkuk. Dengan membungkuk, kita akan memberikan tekanan berlebihan pada leher dalam jangka waktu yang lama sehingga kitapun akan membuat leher mudah terasa sakit. Kini, kemajuan teknologi juga menambah resiko terkena sakit leher, khususnya bagi mereka yang memiliki kecanduan memainkan gadget. Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan Jeremy Smith, MD, dari Hoag Orthopedic Institute menyebutkan jika separuh dari mereka yang mengalami sakit leher adalah pecandu gadget. Saat bermain gadget, kita seringkali terus memfokuskan pandangan pada layar gadget dan memposisikan kepala dengan lebih menunduk dalam waktu yang sangat lama. Selain itu, radiasi dari gadget juga dikenal sangat buruk bagi kesehatan saraf, mata, hingga otak.

Meskipun terlihat tidak berkaitan, namun kebiasaan merokok dan menenggak alkohol ternyata juga ikut berperan dalam membuat leher kita sakit. Smith memaparkan jika kandungan rokok yang sangat beracun ikut memperburuk kesehatan tulang leher dan tulang belakang. Bahkan, kandungan rokok bisa menyebabkan pembuluh darah pada area leher akan menyempit sehingga menyebabkan rasa sakit. Sementara itu, dengan menenggak alkohol, kita beresiko akan kehilangan kesadaran dan mabuk sehingga melakukan banyak hal yang juga beresiko membuat cedera pada leher yang tentu akan memicu rasa sakit.